Gaya Hidup Agregasi    Minggu, 23 Juni 2019 / 05:39 WIB

Facebook Miliki Mata Uang Digital, Ini Cara Kerjanya

JAKARTA, KRJOGJA.com - Facebook telah mengumumkan rencana cryptocurrency dengan nama projek Libra. Program ini akan diluncurkan pada 2020 bersama dengan 27 mitra lainnya.

Dilansir dari laman Life Hacker, Kamis (20/6/2019) Libra milik Facebook lengkapnya akan menjadi uang digital baru bagi pengguna yang tak memiliki rekening atau kartu kredit. Cara kerjanya dikabarkan mirip dengan Paypal dan sedikit mirip Bitcoin. Meskipun demikian, tidak seperti Bitcoin, nilai Libra terikat dengan mata uang yang dikeluarkan pemerintah seperti dolar. Lengkapnya, Libra bukan koin yang akan tumbuh 100 kali lebih berharga, setelah dibeli. Ini lebih seperti menukar dolar dengan Euro.

Mata uang digital nanti kabarnya dapat diakses pengguna melalui aplikasi 'Calibra' dan digunakan untuk membayar sesuatu atau untuk saling mengirim uang. Rencana saat ini juga akan membiarkan banyak pengembang membuat dompet sendiri.

Nantinya, Libra juga menangani transaksi dengan blockchain, seperti Bitcoin. Blockchain adalah catatan transaksi yang didistribusikan yang mencatat siapa yang memiliki berapa banyak koin, dan siapa yang mentransfer koin apa kepada siapa. Tetapi sementara blockchain Bitcoin didistribusikan di antara semua orang yang menggunakannya, blockchain Libra dikelola oleh Asosiasi Libra.