DIY Editor : Ivan Aditya Sabtu, 22 Juni 2019 / 11:19 WIB

Lima Objek Wisata Alternatif di Sleman Saat Akhir Pekan

SLEMAN, KRJOGJA.com - Liburan akhir pekan telah tiba, sudah saatnya mempersiapkan rencana rekreasi keluarga. Sleman memiliki puluhan objek wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan, berikut lima destinasi wisata alternatif di Sleman.

Sleman Barat : Desa Wisata Gamplong


Desa wisata Gamplong merupakan desa wisata kerajinan tenun yang berada di Dusun Gamplong, Desa Sumber Rahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. Pada libur Desa Wisata Gamplong biasanya dipadati pungunjung lokal dan wisatawan luar.

Wisatawan yang datang bisa melihat langsung proses produksi kerajinan ataupun membeli langsung produk kerajinan, Selain itu di Gamplong wisatawan juga bisa melihat studio film Sultan Agung garapan Hanung Bramantyo yakni studio alam yang cocok untuk wisata dengan banyak spot foto yang bisa digunakan wisatawan yang berkunjung.

Sleman Timur : Tebing Breksi


Jika berkunjung ke Tebing Breksi, wisatawan juga bisa mencoba jip wisata yang ada di Tebing Breksi. Obyek wisata yang terletak di Desa Sambirejo Prambanan Sleman ini akan menawarkan rute jip wisata untuk berkeliling di Tebing Breksi, juga mengkoneksikan antara satu objek wisata dengan objek wisata lainnya yang berada di Timur Sleman.

Ada ratusan unit jip yang disiapkan dalam menyambut libur lebaran nanti, dengan rute mulai dari Tebing Breksi, Candi Barong, Spot Riyadi, Candi Ijo, Batu Papal, Bukit Teletubbies, hingga Desa Wisata Rumah Domes Teletubbies

Sleman Timur : Lava Bantal


Wisata Lava Bantal merupakan kawasan geo heritage yang terletak di Jogotirto, Berbah, Sleman. Batuan lava di aliran Sungai Opak ini terbentuk dari lelehan lava Gunung Merapi yang membeku dan membentuk geometri mirip tumpukan bantal, sehingga masyarakat sering menyebut wisata lava bantal.

Wisatawan bisa menikmati river tubing di Area Lava Bantal, selain itu, di musim liburan ini, berbagai atraksi kesenian bakal digelar di kawasan Lava Bantal. Pengunjung jug abisa menikmati segarnya air sungai dengan berenan yang bakal didampingi oleh pemandu.

Sleman Barat : Desa Wisata Berdaya Gamol


Desa Wisata Berdaya (Deswitadaya) Gamol yang terletak di Dusun Gamol, Desa Balecatur Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman merupakan desa wisata dan budaya yang mengkolaborasikan potensi pariwisata desa, pertanian peternakan dan pemberdayaan ekonomi masyakarat. Deswitadaya Gamol sendiri terdiri atas beberapa program yaitu kelompok peternak kambing Peranakan Etawa, kelompok pengelola olahan dari peternakan kambing, kelompok peduli lingkungan, kelompok budidaya jamur, serta kelompok karang taruna yang mengelola dan memanfaatkan lahan kosong agar menjadi lahan produktif.

Wisatawan dapat melihat proses budidaya jamur dan cara pembuatan produk jamur, produk olahan dari susu kambing, dan juga melihat pengelolaan Warung Hidup yang dikelola oleh Kelompok Bank Sampah dan Karang Taruna Gamol.

Sleman Timur : Candi Ratu Boko


Sleman terkenal dengan wisata candinya, salah satunya yakni Candi Ratu Boko yang terletak di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan.Ratu boko adalah salah satu tempat terbaik bagi wisatawan untuk menikmati senja dan matahari terbenam di Yogya dengan lokasinya yang berada di ketinggian, pemandangan menjadi semakin memanjakan wisatawan.

Untuk menikmati pemandangan bisa dengan duduk di kursi-kursi yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Akses menuju tempat wisata di Kabupaten Sleman relatif mudah di jangkau dan wisatawan dapat menikmati hawa sejuk ala perbukitan. (Ive)