Peristiwa Editor : Ivan Aditya Sabtu, 22 Juni 2019 / 09:55 WIB

Mantan Bupati Cirebon Diduga Menerima Gratifikasi Rp 50 M

JAKARTA, KRJOGJA.com - Mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra diduga menerima gratifikasi sebesar Rp50 miliar. Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (21/06/2019). 

Jumlah itu didapatkan setelah penyidik melakukan pengembangan kasus jual beli jabatan yang menjerat Sunjaya. 

"Jadi ada perkembangan yang cukup signifikan yang didapatkan oleh penyidik dari dugaan suap sekitar Rp 100 juta rupiah pada saat OTT, karena fakta-fakta yang ditemukan cukup signifikan maka kami kembangkan dan ditemukan setidaknya Rp50 miliar dugaan penerimaan gratifikasi oleh tersangka SUN ini," kata Febri. 

Febri menyebutkan penerimaan itu tak hanya berasal dari satu pihak saja. Penerimaan itu diduga terkait dengan wewenang Sunjaya sebagai Bupati. 

"Sumbernya berasal dari banyak pihak dan diduga itu terkait dengan kewenangan-kewenangan atau jabatan-jabatan bupati selama menjabat, apakah terkait dengan mutasi terkait dengan pengadaan ataupun terkait dengan proses perizinan," paparnya. 

Febri mengatakan uang senilai Rp50 miliar yang diterima Sunjaya masih belum final jumlahnya. Angkanya masih bisa bertambah jika ada fakta-fakta baru yang ditemukan dalam penyidikan. (*)