DIY Editor : Ivan Aditya Kamis, 20 Juni 2019 / 17:44 WIB

BNNP DIY Dukung Hunian Mahasiswa Bebas Narkoba

YOGYA, KRJOGJA.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY mendukung terciptanya hunian bagi mahasiswa dan pelajar yang bebas dari narkoba. Tak bisa dipungkiri, mahasiswa dan pelajar merupakan sasaran pangsa pasar terbesar dalam peredaran narkoba di daerah ini. Badan anti narkoba ini juga siap melakukan pengawasan dan pemantauan guna memberantas peredaran barang haram tersebut di wilayah DIY.

"Salah satu diantaranya yakni antara hunian maupun apartemen nanti saling memberikan informasi, misalnya jumlah penghuni sekian, jumlah kamar sekian. Secara periodik kita juga adakan tes urin periodik, kita adakan pula pembinaan dan pelatihan," tegas Kepala BNNP DIY, Brigjen Pol Triwarno Atmojo usai penandatanganan nota kesepahaman bersama PT Pembangunan Perumahan (PP) Properti, Kamis (20/06/2019).

Lebih lanjut dikatakan Triwarno Atmojo, sebenarnya rencana hunian bebas narkoba bagi mahasiswa dan pelajar itu telah diwacanakan kurang lebih sejak tahun 2017. Namun hingga saat ini langkah tersebut masih terus digodok sehingga nantinya program itu mampu untuk mendukung upaya pemberantasan narkoba.

BNNP setempat juga akan mengusulkannya kepada Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. Bahkan wacana untuk menjadikan bebas narkoba sebagai salah satu syarat pendirian hunian maupun apartemen di DIY akan diusulkan untuk segera dikaji.

"Kami akan melaporkan dan saya sudah menyampaikan kepada gubernur serta kapolda bahwa saya punya program seperti ini. Kami akan terus berkoordinasi khususnya menindaklanjuti Inpres no 6 yang sudah dikeluarkan presiden," jelasnya.

Sementara itu Vice Presedent Reality PT PP Properti, Rudy Harsono mengatakan pihaknya siap mendukung program BNNP DIY, salah satunya yakni dengan mendirikan apartemen bebas narkoba. Melalui anak perusahaannya yakni PT Grahaprima Realtindo, apartemen dengan konsep anti narkoba tersebut akan didirikan di kawasan segitiga bisnis Babarsari Depok Sleman.

"Dengan konsep seperti itu kami berharap dapat mendukung BNN dalam melakukan perang terhadap narkoba. Nantinya apartemen juga akan kami lengkapi dengan x-ray maupun bekerjasama dengan BNN untuk secara berkala melakukan tes urin," jelasnya. (Van)