Jateng Editor : Danar Widiyanto Kamis, 20 Juni 2019 / 19:10 WIB

Direlokasi, Pedagang Pasar Pengging Pindahan Akhir Bulan Ini

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Pedagang Pasar Pengging diberi batas waktu sampai 30 Juni untuk pindah ke lokasi pasar yang baru, yakni di Pasar Pipa di Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono. Setelah direlolasi, pasar yang berada di kawasan wisata Pengging tersebut rencananya akan menjadi ruang publik terbuka berupa alun-alun.

Dari pengamatan di lokasi pasar yang baru, Kamis (20/6/2019), terlihat belasan pedagang mulai mempersiapkan losnya yang baru yang disediakan seluas 2x2 per kios. Diantaranya memasang ram kawat dan dinding kayu sebagai pembatas los sekaligus untuk menyimpan dagangan.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Boyolali, Karsino, menjelaskan, pasar yang baru ini dibangun di lahan seluas 2,5 hektare dan mempunyai kapasitas tampung sebanyak 87 toko, 102 kios, dan 1.413 pedagang dengan Surat Ijin Dasaran Tetap (SIDT). Karena lebih luas dari pasar lama, seluruh pedagang nanti akan ditempatkan di dalam bangunan Pasar yang dibangun sebanyak lima blok. Sehingga nanti tak ada pedagang berjalan di luar pasar. Hal itu dimaksudkan agar pasar lebih rapi dan nyaman.

Agar lebih adil, pasar juga dibangun satu lantai, dibanding pasar lama yang dibangun dua lantai, dengan semua kios menghadap ke dalam. Sehingga semua kios sama strategisnya.
"Tiap blok juga disediakan di tiap kantong parkir agar memudahkan proses bongkar muat barang," jelasnya.

‎Dikatannya, proses boyongan pedagang molor dari rencana semula yang dijadwalkan berlangsung hari ini, Kamis (20/6/2019). Namun boyongan diundur sepuluh hari ke depan. "Pedagang siap pindah hingga 30 Juni mendatang," terangnya.

Suyud (80), salah satu pedagang pakaian mengatakan, ia baru mengecek lokasi penempatan yang baru dan akan segera mempersiapkan losnya sebelum tenggat waktu boyongan. Di lokasi pasar yang baru, ia menempati tiga los seperti di pasar lama.

"Di tempat yang baru, losnya lebih luas dibanding yang lama," tandasnya. (Gal)‎