DIY Editor : Danar Widiyanto Kamis, 20 Juni 2019 / 19:30 WIB

Gelar Lomba Perpustakaan, Tumbuhkan Minat Baca Siswa

SLEMAN, KRJOGJA.com - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Sleman menggelar lomba  lomba perpustakaan SD/MI, SMP/MTs, perpustakaan desa dan komunitas, Kamis (20/6/2019). Bertempat di rumah makan Loh Jinawi Sariharjo Ngaglik Sleman, lomba ini mengisahkan masing-masing lima finalis untuk tiap kategori.

Kepala DPK Sleman AA Ayu Laksmidewi mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan oleh DPK Sleman. Selain sebagai ajang pertukaran informasi antara pengelola perpustakaan juga evaluasi dari DPK sendiri.

"Ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada mitra dalam hal pengelolaan perpustakaan. Baik di sekolah, desa maupun yang dikelola oleh kelompok masyarakat. Harapannya tentu bisa semakin menumbuhkan minat baca dari masyarakat yang terus menunjukkan hasil positif," ujarnya.

Lomba ini menurut Ayu juga untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan perpustakaan selama ini. Bagaimana kondisi perpustakaannya, apakah sudah dikelola sesuai standar atau belum. Namun, hal yang lebih penting adalah bagaimana agar perpustakaan bisa menjadi sumber referensi ilmu.

"Karena sekarang ini pengelolaan perpustakaan juga semakin berbenah. Tidak sebatas hanya untuk tempat membaca dengan suasana yang hening saja. Namun bisa untuk tempat diskusi maupun rekreasi," ujarnya.

Berdasarkan hasil penilaian juri, pemenang lomba perpustakaan masyarakat atau komunitas diberikan kepada Wijaya Kusuma Ngemplak, perpustakaan desa diberikan kepada Perpudes PENA Sumberharjo Prambanan. Untuk pemenang lomba perpustakaan sekolah tingkat SMP jatuh kepada SMPN 1 Sleman dan tingkat SD diraih SD Budi Mulia Dua.(Awh)