DIY Editor : Agus Sigit Kamis, 20 Juni 2019 / 16:10 WIB

Isi Liburan, Siswa MAN 1 Sleman Ikuti Praktik Lapangan

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sebanyak 181 siswa kelas XI MAN 1 Sleman mengikuti program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di lembaga atau dunia industri. program yang digelar selama libur sekolah ini memberi kemampuan aplikatif pada siswa melengkapi teori yang diperoleh di kelas.

“Anak-anak wajib melaksanakan PKL di lembaga atau dunia industri. Tujuannya agar mereka memiliki pengalaman dan merasakan bagaimana bekerja di lembaga atau dunia industri selama satu bulan penuh sekaligus mengisi libur panjang dengan kegiatan positif,” jelas Drs. Gunarto M.Pd, koordinator kegiatan Kamis (20/6).

Khusus siswa Desain Grafika, menurut Fatimah,S.Pd, guru pengampu, praktik berakhir 29 April dikarenakan siswa sudah nyicil PKL saat libur Ujian Nasional. “Usai Penilaian Akhir Tahun seluruh siswa kita beri pembekalan. Sesudah itu mereka mencari lokasi, melakukan observasi untuk kemudian menentukan tempat. Semua harus dikoordinasikan dengan pembimbing,” lanjut Gurnarto.  

Pembimbing kemudian menyerahkan ke tempat-tempat yang sudah dipilih seperti sekolah-sekolah, BMT, usaha kuliner, hotel berbintang, proyek bangunan hingga jasa perbengkelan.

Sebagai madrasah penyelenggara keterampilan, MAN 1 Sleman memiliki beberapa bidang keterampilan seperti Tata Boga, Tata Busana, Teknik Komputer dan Jaringan, Desain Grafika, Desain Pemodelan & Informasi Bangunan, serta Teknik & Bisnis Sepeda Motor.  

“Siswa yang memilih komputer jaringan misalnya, mereka PKL di berbagai perkantoran seperti sekolah asalnya. Mereka melakukan pekerjaan yang sudah ditentukan pembimbing. Begitu masuk ada yang langsung diminta meng-input data perpustakaan, barang, keuangan, bahkan ada yang diminta oleh kepala sekolah untuk membuat presentasi power points, untuk presentasi pimpinan. Untuk teknik dan informasi bangunan, anak-anak terjun langsung di proyek-proyek seperti pembangunan di Kali Progo. Dengan kegiatan seperti ini, anak bisa merasakan langsung bagaimana bekerja,” jelas Nur Prihantoro Himawan,S.Pd Guru Desain Pemodelan & Informasi Bangunan. Keberadaan anak di dunia kerja ini besar manfaatnya untuk pemerolehan kecakapan, tandasnya.

Sementara Eka Widyaningrum,S.Pd Guru Tata Boga melaporkan bahwa anak didiknya melaksanakan PKL di berbagai usaha kuliner seperti catering, rumah makan hingga perhotelan. “Ada lima anak yang praktek di Hotel Berbintang Tiga Cakra Kembang. Mereka dipandu langsung oleh Chef profesional perihal kitchen, service, food and baverage department.  Mereka harus betah dan melaksanakan sepenuh hati agar bisa mendapatkan pengalaman dalam bidang tata boga,” tegas Eka.  

Sementara untuk Keterampilan Tata Busana, siswa melaksanakan PKL di berbagai usaha modiste, t-shirt, konveksi, pabrik tas, hingga butik. “Di tempat PKL siswa bisa  belajar pengelolaan usaha, cara kerja hingga penghitungan rugi laba usaha. Dengan demikian diharapkan mereka akan mendapatkan pengetahuan nyata dan praktis yang tidak diajarkan di madrasah,” jelas Estu Purwandari,S.Pd Guru Tata Boga. (eds)