Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Kamis, 20 Juni 2019 / 03:50 WIB

Ini Sebab Arus Mudik 2019 Lancar

JAKARTA, KRJOGJA.com - Perjalanan mudik lebaran tahun 2019 yang lancar, baik melalui Tol Trans-Jawa, Tol Trans-Sumatera, maupun jalur arteri, diakui dan diapresiasi sejumlah pihak. Tidak hanya pemudik atau pengguna jalan tol yang bersuara tentang lancarnya arus mudik kali ini.

Pakar tata kota Yayat Supriyatna berpendapat, penyebab lancarnya arus mudik lebaran tahun ini terutama karena peran tol Trans Jawa yang amat menentukan. Kemudian, kebijakan merelokasi gerbang tol Cikarang Utama, juga mampu mengurai penumpukan antrean kendaraan yang sebelumnya terpusat di lokasi itu, baik yang menuju Cipali maupun yang ke Purbaleunyi.

"Kata kuncinya sinergi pemangku kepentingan dalam membuat sistem untuk kelancaran pergerakan sejuta lebih kendaraan," ujar Yayat dalam keterangannya, Rabu (19/6/2019).

Yayat pun memberikan apresiasi, karena menurutnya, mengatur kelancaran satu juta lebih kendaraan antarkota dalam satu periode waktu yang sama, bukanlah hal yang mudah. Menurutnya, sinergi antara BPJT, Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, BUJT, Korlantas Polri, dan peran penting Waskita Toal Road, tahun ini sangat baik sehingga masyarakat merasa sangat terbantu.(*)