Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Rabu, 19 Juni 2019 / 18:50 WIB

Lulusan TK-SD Bisa Mendaftar di Sekolah Negeri Manapun, Asal Ada Syarat Ini

SLEMAN, KRJOGJA.com - Lulusan TK-AD Kabupaten Sleman yang melanjutkan pendidikan semua bisa mendaftar di sekolah Negeri manapun. Berlaku juga bagi siswa yang berada diluar daerah. Asalkan memenuhi syarat ini.

Calon siswa asal luar daerah bisa mendaftar SD-SMP Negeri yang berada di Kabupaten Sleman. Begitu pula sebaliknya, anak asal Sleman bisa melanjutkan pendidikannya di sekolah luar daerah. Kepala Dinas Pendidikan Sleman, Sri Wantini mengatakan calon siswa bisa melintas asal waktunya tidak bersamaan, persyaratan tidak sama, kemungkinan bisa mendaftar di daerah lain.

"Semisal ada calon siswa di Kota Yogya ingin bersekolah ke daerah Kabupaten Sleman itu bisa, tapi tak gunakan jalur zonasi, melainkan jalur prestasi," katanya di kompleks kantor Bupati Sleman, Rabu (19/06/2019).

Sri melanjutkan, Kuota jalur prestasi tersebut juga harus menyesuaikan pada sekolah yang dituju. Namun, kuota jalur prestasi di semua daerah sama yakni lima persen dari total daya tampung sekolah.

"Kuota secara otomatis menyesuaikan pada daerah sekolah yang dituju, lima persen dari daya tampung, seluruhnya bagi luar zona mereka, maksimal itu," tambahnya.

Untuk dapat melintas, calon siswa juga harus memenuhi persyaratan yang ada. Adapun persyaratan yang harus dipenuhi, misalnyaa untuk di Kabupaten Sleman nilai minimal rata-rata 75. Nilai tersebut merupakan kebijakan dari masing-masing daerah.

"Setiap daerah memiliki kebijakan masing-masing. Jadi kalau di Sleman nilai siswa minimal rata-ratanya 75," ucapnya.

Meski demikian, Wantini mengklaim daya tampung SD-SMP Negeri di Sleman cukup menampung lulusan siswa lokal. Dari catatan instansinya, daya tampung SD Negeri sebanyak 11.900 siswa, swasta 5.684 siswa ditambah madrasah 2.020 siswa.

Sedangkan untuk daya tampung SMP, sebanyak 8.032 siswa untuk negeri, 5.760 siswa untuk SMP swasta, ditambah MTs Negeri 864 siswa dan MTs swasta 2.240 siswa.

"Kalau kita melihat lulusan SD-MI yang sekarang, semestinya semisal mereka mau masuk sekolah di Kabupaten Sleman bisa tertampung semua baik itu di Negeri maupun di Swasta," pungkasnya. (Ive)