DIY Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 19 Juni 2019 / 17:26 WIB

Catat, Ini dia Jadwal PPDB online di Sleman

SLEMAN, KRJOGJA.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar Negeri (SDN), Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri, di Kabupaten Sleman akan segera di mulai. Tahun ini PPBD menggunakan mekanisme daring atau online.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Sri Wantini mengatakan aturan tersebut sesuai peraturan terbaru tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui Peraturan Pemerintah Menteri Pendidikan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 14 Tahun 2018.

PPDB online pada tahun ini merupakan kali kelima bagi SMP Negeri dan tahun pertama bagi Sd Negeri. Masyarakat yang belum familiar dengan teknologi informasi tidak perlu resah, karena akan disediakan Unit Pelayanan Teknis ( UPT) di setiap Kecamatan dan Dinas Pendidikan menyediakan petugas atau operator untuk membantu pendaftaran online.

Berdasarkan aturan yang akan dilakukan nanti, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai PPDB di antaranya.

1. Jadwal PPDB
Jadwal dan ketentuan teknis PPDB di tiap daerah berbeda-beda tergantung kebijakan pemerintah daerah melalui dinas pendidikan setempat. Untuk di Kabupaten Sleman sendiri jadwal pendaftaran online jenjang SD yaitu tanggal 21 sampai 25 Juni 2019. Sedangkan untuk verifikasi berkas pada tanggal 24 sampai 26 Juni 2019.

Untuk SMP dimulai tanggal 28 Juni sampai 2 Juli 2019. Yang kemudian melakulan verifikasi berkas pada tanggal 1 sampai 3 Juli 2019.
Proses dari tahap pengumuman pendaftaran, penerima siswa dan daftar ulang di sekolah harus dilakukan secara terbuka.

2. Tata Cara Pendaftaran
Pendaftaran PPDB online memerlukan username khusus dari Dinas Pendidikan. Bagi calon siswa yang berasal dari TK atau SD di Kab Sleman akan mendapat useuname melalui sekolah asal. 

Pembagian akun untuk PPDB SD pada tanggal 20 Juni 2019 di TK asal, sedangkan SMP pada tanggal 27 Juni 2019 di SD asal.  Bagi calon siswa yang tidak PAUD atau dari Madrasah (MI) SD luar Sleman harus mengajukan akun pada SD atau SMP yang akan dituju untuk digunakan mendaftar secara online.

" Pengajuan akun dilayani pada tanggal 21-21 Juni 2019 untuk PPDB SD, dan tanggal 28-29 Juni 2019 untuk SMP,"kata Sri kepada wartawan di kompleks kantor Bupati Sleman. Rabu ( 19/06/19).

Cara pendaftaran PPDB Online di Kabupaten Sleman yang dapat di akses buka situs resmi PPDB Online melalui ppdb.slemankab.go.id. Selanjutnya klik pada menu di sudut kanan atas yang bertuliskan 'mendaftar/login'. Setelah klik 'mendaftar' akan muncul halaman baru yang menunjukkan kolom sebagai tempat memasukkan alamat email

Selanjutnya akan muncul halaman baru untuk mengisi biodata berupa nama, jenis kelamin, tanggal lahir, anda seorang: misalnya guru, tenaga pendidik, siswa, orang tua, mahasiswa, alumni, dosen, atau masyarakat peduli pendidikan. Kemudian klik " Lanjut"

Halaman baru berupa kolom untuk mengisi password, kemudian masukkan kembali password, dan isi kode captcha. Kemudian klik "Lanjut" Sampai pada langkah terakhir masukkan kode aktifasi. Silahkan buka kotak masuk email untuk melihat kode aktifasi di menu sosial.  "Jika sudah menemukan kode aktifasi tersebut copy dan paste pada kolom aktifasi pendaftaran PPDB Online. Kemudian klik Lanjut. Halaman tersebut dapat diakses pada tanggal yang sudah ditetapkan baik itu SD maupun SMP." (Ive).