DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 19 Juni 2019 / 15:53 WIB

Siswa SMPN 1 Berbah Wisuda Kenakan Pakaian Jawa

SLEMAN, KRJOGJA.com - Wisuda dan Pelepasan Siswa dan Siswi Kelas IX SMPN 1 Berbah Sleman, Rabu (19/06/2019) di Gedung Serbaguna Desa Kalitirto Berbah sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya. Pasalnya, siswa mengenakan pakaian adat Jawa termasuk para gurunya.

Menurut Kepala SMPN 1 Berbah Siti Chalimah SPd MPd, tujuannya ialah selain untuk nguri-uri budaya, pihak sekolah ingin meminimalisir terjadinya corat-coret di baju seragam sekolah.

"Biasanya saat wisuda siswa pakai baju batik saja. Tetapi mulai sekarang kami ingin siswa mengenakan pakaian adat Jawa setiap kali wisuda dan akan rutin pada wisuda selanjutnya," terang Siti.

Tahun ini, lanjut Siti, sebanyak 128 siswa Kelas 9 lulus 100 persen dengan rata-rata nilai 285. Untuk nilai tertingginya ialah 367. Namun nilai rata-rata SMPN 1 Berbah menurut Siti sudah diatas target dari Dinas Pendidikan Sleman yaitu 260.

"Kali ini, 10 siswa dengan NEM tertinggi kami beri penghargaan sebagai apresiasi sekolah pada lulusan terbaik," jelas Siti seraya menambahkan selain wisuda juga ada pentas seni dan kreativitas siswa kelas 7, 8 dan 9. (Adk)