Jateng Editor : Agus Sigit Rabu, 19 Juni 2019 / 15:28 WIB

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 0724/Boyolali Panen Jagung

BOYOLALI, KRJOGJA.com – Kodim 0724/Boyolali melakukan panel jagung di lahan demplot Kodim Kelurahan Siswodipuran, Rabu (19/6). Pemanfaatan lahan tersebut dimaksudkan sebagai percontohan kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan menganggur secara produktif untuk mendukung ketahanan pangan.

Program penanaman tanaman pangan oleh kodim 0724/Boyolali tersebut sudah digalakkan sejak beberapa tahun terakhir. Pada penanaman terakhir, lahan seluas 3 hektare tersebut ditanami jagung Varietas Jagung Pertiwi 3. "Harapan kami ini bisa menjadi contoh masyarakat untuk memanfaatkan lahan secara produktif," kata Dandim 0724/Boyolali, Letkol Kav Herman Taryaman.

Penanaman ini juga menjadi bentuk kerja sama kodim dengan pemerintah daerah, khususnya Dinas Pertanian, dalam upaya menjaga ketahanan pangan di Boyolali. Dipilihnya jagung, sambungnya, sebab merupakan satu dari tiga produk pangan unggulan, selain beras dan kedelai, yang menjadi prioritas Kementerian Pertanian. "Setidaknya kami bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan jagung di Boyolali sehingga tidak perlu mendatangkan jagung dari luar daerah,"

Perwira Seksi Teritorial, Kapten Inf Kamami menambahkan, varietas jagung yang ditanam di lahan demplot Kodim mempunyai kualitas tinggi dan harga jual yang bagus. Keberhasilan panel kali ini bisa menjadi contoh kepada masyarakat bahwa jagung sangat mungkin dikembangkan di wilayah Boyolali yang petaninya saat ini lebih banyak memilih menanam padi. Petani punya banyak alternatif dalam memilih jenis tanaman pangan yang berkualitas. Selain membantu ketahanan dan variasi pangan, dari sisi ekonomi juga menguntungkan. "Bila digarap secara optimal, kami optimis wilayah Boyolali bisa menjadi salah satu lumbung jagung," tandasnya. (Gal)