DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 19 Juni 2019 / 13:12 WIB

Masyarakat Berjubel Urus Kependudukan

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Beberapa hari terakhir kantor Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kulonprogo berjubel masyarakat untuk mengurus administrasi kependudukan. Di ruang tunggu sepanjang hari hampir tidak ada ruang kosong.

Informasi yang berhasil dihimpun di Dinas Dukcapil Kulonprogo menyebutkan kedatangan sebagian besar masyarakat guna melegalisasi administrasi kependudukan yang akan dipergunakan untuk kelengkapan persyaratan pendaftaran sekolah. Untuk kelancaran pelayanan, sebagian petugas diarahkan membantu memberikan pelayanan di Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk yang mencatat dan melegalisasi fotokopi Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan fotokopi akte kematian.

"Sejak Senin (17/06/2019) kemarin, banyak masyarakat yang datang ke Disdukcapil untuk melegalisasi fotokopi surat kependudukan. Sebagian petugas dari seksi lain dikerahkan untuk membantu pelayanan," ujar Manggih Santosa, Kepala Seksi Perkawinan dan Perceraian, Bidang Capil, Disdukcapil Kulonprogo.

Menurutnya, peningkatan pelayanan administrasi kependudukan dirasakan sejak Senin (17/06/2019). Banyak masyarakat mendatangi kantor Disdukcapil. Peningkatan permintaan legalisasi surat kependudukan berkaitan menjelang PPDB tahun ajaran baru mulai dari TK sampai SLTA.

Dalam sehari melayani ratusan orang untuk melegalisasi fotokopi KK, akte kelahiran dan fotokopi KTP. Kepala Seksi Kelahiran, Bidang Pelayanan Capil, Disdukcapil Kulonprogo Bintoro mengaku terjadi peningkatan sekitar 100 persen pengurusan administrasi kependudukan dibandingkan di hari-hari biasa.

Peningkatan tersebut di luar program 3 in 1 dan program keterlambatan akte kelahiran. "Jika pada hari-hari biasa hanya 25 orang yang mengurus akte kelahiran, Senin (17/06/2019) meningkat menjadi sekitar 50 orang," kata Bindoro. (Ras)