DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 19 Juni 2019 / 12:46 WIB

Maskapai Mulai Pindah ke YIA September Mendatang

KULONPROGO, KRJOGJA.com - September mendatang maskapai penerbangan di Bandara Adisutjipto mulai akan dipindahkan ke Yogyakarta International Airport (YIA) Kabupaten Kulonprogo. Saat ini sedang dilakukan proses pemindahan bertahap sambil menunggu penyelesaian sejumlah fasilitas penunjang YIA.

"Kami sudah koordinasi dengan seluruh maskapai baik domestik maupun internasional di Adisutjipto untuk bersiap pindah. Koordinasi serupa dilakukan pula dengan pihak Customs Immigration and Quarantine (CIQ)," ungkap Pelaksana Tugas General Manager YIA, Agus Pandu Purnama.

Dijelaskan Pandu, pemindahan ini tidak dilangsungkan serentak, tetapi bertahap. Sebab fasilitas penunjang seperti fly over, lebar jalan sampai jalur rel bandara diprediksi belum tuntas. Bila semua maskapai langsung dipindah, sedangkan fasilitas belum selesai, maka dikhawatirkan terjadi penumpukan calon pengguna jasa penerbangan menuju YIA.

"Karena itu, Adisutjipto tetap akan difungsikan selama tahap pemindahan. Tetap menerima penerbangan baik dari dalam maupun luar negeri, komersial maupun pesawat sewaan," ujarnya.

Progres pembangunan YIA secara keseluruhan, dikatakan Manajer Proyek YIA Taochid Purnama Hadi, sudah mencapai 60 persen. Ini sudah termasuk bangunan terminal dan fly over. Sedangkan untuk Airside telah rampung sejak Mei, serta pintu masuk dan keluar sudah siap dan tidak ada masalah.

"Untuk mengejar penyelesaian proyek pada September mendatang, ditargetkan tiap minggu ada progres sebesar 2,5 persen. Target ini bukan tanpa alasan. Sebab pada Lebaran kemarin, pembangunan YIA sempat terhenti karena pekerjanya diliburkan. Baru minggu ini mulai beraktivitas full, harapannya nanti tiap pekan ada progres 2,5 persen," katanya. (Wid)