DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 19 Juni 2019 / 12:39 WIB

ASITA Keluhkan Singkatnya ‘Peak Season'

BANTUL, KRJOGJA.com - Asosiasi Tour dan Travel (ASITA) DIY mengeluhkan singkatnya waktu liburan peak seasonsaat Lebaran. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, masa peak seasonmencapai lebih dari dua minggu, apalagi bertepatan dengan liburan sekolah. Namun pada tahun ini peak seasonhanya selama satu minggu.

"Kondisi pariwisata di DIY termasuk di Bantul saat ini tengah kurang kondusif. Riilnya dilihat dari liburan peak seasonsaat Lebaran yang pada tahun-tahun sebelumnya bisa lebih dari dua minggu, sekarang hanya satu minggu saja. Kemudian kembali normal seperti sediakala. Bagi dunia pariwisata ini sangat memprihatinkan," ujar Ketua ASITADIY Udi Sudiyanto.

Ditegaskan Udi, dampak singkatnya peak seasonserta singkatnya lama tinggal wisatawan pada dunia pariwisata dan travel agen sangat menyedihkan. Hal ini karena pelaku wisata tidak dapat mengambil keuntungan maksimal dari singkatnya waktu peak seasontersebut.

"Sementara pengusaha ini mesti membayar gaji karyawan dan biaya operasional yang tidak ada kata turun. Jika kondisi ini berlarut-larut tidak ada perubahan dan pemerintah tutup mata dengan kondisi ini maka kedepan akan banyak industri pariwisata yang terancam gulung tikar," tegasnya.

Terkait harga tiket pesawat terbang yang masih tinggi, ia menyayangkan tidak kompaknya Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pariwisata. "Satu sisi pemerintah menggenjot sektor pariwisata secara maksimal namun satu sisi kenaikan harga tiket pesawat terbang menyebabkan turis enggan datang," keluhnya lagi.

Ia menjelaskan dua hal yang harus diperhatikan pemerintah terkait hal ini. Yakni pemerintah seharusnya melihat perusahaan penerbangan yang dimiliki oleh warga lokal. Selain itu, pemerintah berkewajiban menjaga jangan sampai mereka kolaps.

Udi menjelaskan pihaknya berharap pemerintah jangan hanya melihat pasar terkait harga tiket pesawat terbang tetapi dapat turun langsung memberikan solusi utamanya untuk pengusaha sektor pariwisata. (Aje)