Jateng Editor : Danar Widiyanto Selasa, 18 Juni 2019 / 19:31 WIB

Kuatkan Kemandirian dan Idealime, Pramuka Digembleng TNI

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Penguatan wawawasan kebangsaan terus dilakukan, terutama menyasar ke kalangan generasi muda untuk menjamin untuk membentuk individu yang mandiri serta mempunyai kecintaan terhadap tanah air.

Dalam kegiatan pembinaannya kepada Pramuka Gudep SMKN Kemusu, Babinsa Koramil 15/Andong, Serka Supardi dan Serda Sunarto menguatkan materi wawasan kebangsaan pada para Pramuka Penegak, agar para remaja tersebut mengeri tentang pentingnya pilar kebangsaan dan pengamalan Pancasila agar NKRI tetap utuh.

"Pramuka Penegak ini berada dalam usia perkembangan utama fase pengembangan kemandirian dan idealisme serta kemampuan bersosialisasi atau membangun hubungan dengan kelompok sebaya, sehingga pemahaman nilai yang positif harus benar-benar ditanamkan," kata Serka Supardi.

Selain materi Wawasan Kebangsaan yang meliputi materi Pancasila, UUD 45 dan teori kebangsaan lainnya, para Pramuka Penegak ini juga diberi materi baris-berbaris hingga yel-yel untuk penguatan disiplin dan kekompakan.

Kepala Sekolah SMKN Kemusu, Sri Ambar menanggapi positif atas pembinaan materi kebangsaan oleh jajaran Kodim 0724/Boyolali tersebut. Kehadiran anggota TNI dalam memberikan materi di sekolah dinilai bisa memberikan motivasi kepada para murid untuk lebih giat mengikuti kegiatan sekolah.

"Tentu saja kami bangga anggota TNI mau ikut turun ke sekolah kami untuk memberikan pelatihan," tandasnya. (Gal)