DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 18 Juni 2019 / 16:13 WIB

6 Teknisi Layani PJU 12 Kecamatan

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penerangan Jalan Umum (PJU), Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo kewalahan menangani perbaikan lampu PJU. Sebanyak enam personel teknisi yang diandalkan harus melayani perbaikan di 12 wilayah kecamatan.

Informasi yang dihimpun di UPT PJU, Dishub Kulonprogo menyebutkan setiap hari menerima laporan dari masyarakat bahwa lampu PJU di wilayahnya tidak menyala. Menindaklanjuti laporan terkesan lama karena tidak segera ada perbaikan.

”Setiap ada laporan dari masyarakat tidak bisa pada saat itu langsung dilakukan perbaikan. Petugas terkadang sedang melakukan perbaikan di tempat lain,” ujar Mujiono, Kepala Tata Usaha (TU), UPT PJU, Dishub Kulonprogo.

Puluhan PJU di sepanjang jalan perkantoran tersebut mati sehingga gelap gulita di malam hari. Menurutnya, lampu PJU yang terpasang di Kulonprogo lebih dari 2.000 titik, tersebar di 12 wilayah kecamatan. Untuk melakukan pemeliharaan dan perbaikan setiap ada kerusakan dilakukan oleh enam petugas teknisi listrik. Masing-masing, meliputi tiga petugas berstatus PNS dan tiga petugas berstatus tenaga harian lepas.

Melakukan perbaikan harus menjadi satu tim karena tidak dapat dikerjakan sendirian. Tiap hari harus harus melakukan perbaikan dari tempat satu ke tempat lain. ”Tiap hari paling tidak harus berpindah di beberapa lokasi. Seperti sekarang sudah pindah di tiga lokasi, sampai di luar jam kerja belum selesai,” jelasnya.

Sebagian besar kerusakan disebabkan terjadi hubungan pendek akibat jaringan kabel terkena ranting tanaman perindang jalan. Sedangkan lampu JPU di selatan wilayah Kulonprogo disebabkan sambungan kabel korosi.

Selain lampu PJU di dalam kota, menurutnya, banyak menerima laporan kerusakan di sepanjang jalan arteri dan di sebagian besar wilayah kecamatan. Perbaikan dilakukan secara bertahap dengan mengelompokkan perlokasi. (Ras)