Jateng Editor : Ivan Aditya Selasa, 18 Juni 2019 / 14:12 WIB

Polisi Kejar Pelaku Jambret Dana BUMDes Gumpang

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Pelaku penjambretan dengan korban dua orang pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura masih dalam pengejaran petugas. Meski demikian polisi sudah mengantongi ciri ciri dua orang pelaku. Sementara itu, Pemerintah Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus pada Polres Sukoharjo.

Kapolsek Bendosari AKP Zunaidi, Selasa (18/06/2019) mengatakan, pemeriksaan terhadap saksi atas kasus penjambretan dengan korban dua orang pengurus BUMDes Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura masih dilakukan. Polisi masih melakukan pengejaran terhadap pelaku yang ciri cirinya sudah didapat sesuai keterangan korban dan saksi. “Masih terus dikejar pelakunya, pemeriksaan terhadap korban dan saksi juga lanjut,” ujarnya.

Pelaku sesuai keterangan korban berjumlah dua orang berjenis kelamin laki laki. Keduanya menggunakan sarana sepeda motor saat melakukan aksi kejahatannya. “Tim dari Polres Sukoharjo sudah bergerak dan berharap pelaku segera tertangkap,” lanjutnya.

Kepala Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura Dwi Mogol Nuryanto mengatakan, menyerahkan sepenuhnya penanganan kasus penjambretan yang menimpa dua orang pengurus BUMDes pada Polres Sukoharjo. Pemerintah Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura setelah kejadian tersebut menjadi bahan evaluasi bersama. Salah satunya berkaitan dengan teknis pencairan atau pengambilan uang dalam jumlah banyak.

“Ini jadi pembelajaran bagi Pemerintah Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura dan khususnya BUMBDes. Kedepan kami harap pengurus lebih hati hati dan melibatkan aparat keamanan untuk melakukan pengawalan saat mengambil uang dalam jumlah besar,” ujarnya.

Pemerintah Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura atas kejadian tersebut menyerahkan ke pengurus BUMDes. Dana sudah sepenuhnya menjadi tanggungjawab BUMDes. “Pelaporan atas kejadian tersebut baik ke dinas ditingkat kabupaten dan provinsi sudah dilakukan,” lanjutnya.

Mogol memastikan, jalannya roda Pemerintahan Desa Gumpang, Kecamatan Kartasura dan BUMDes tidak terpengaruh atas kejadian penjambretan. Program tetap berjalan normal sesuai dengan perencanaan semula. “BUMDes soal pengelolaan sampah juga masih jalan normal seperti biasa,” lanjutnya. (Mam)