Olahraga Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 18 Juni 2019 / 10:09 WIB

Dua Petenis Cilik Jawa Timur Raih Piala Detec Jr Open 2019

SLEMAN, KRJOGJA.com - Dua petenis cilik Kelompok Usia (KU) 8 tahun yakni Kirana Zahra Wibowo asal Tulungagung dan Ahmad Zulfan dari Kediri keluar sebagai juara Kejuaraan Nasional Tenis Junior Amman-Mineral Detec Jr Open 2019. Setelah melewati lawan-lawan dalam pertandingan di lapangan tenis UNY Senin (17/6/2019).

Keduanya berhak mendapatkan piala tertinggi kejuaraan kategori J2 diakui PP Pelti tersebut. Di babak final yang digelar kemarin, Kirana yang turun di kategori putri KU-8 mengalahkan Gabriela Zeana dari Purworejo dengan skor akhir 15-8. Sementara Ahmad Zulfan mampu menang atas Apriyadi asal Banjarmasin dengan skor akhir 15-13. 

Di pertandingan KU lainnya yang digelar kemarin juga telah mendapatkan hasil akhir diantaranya, untuk tunggal putri KU-14 tahun, Raga Sukma (Salatiga) vs Putri Salma (Wonogiri) 6-3, 6-3, Naila Jihan (Jember) vs Zelda Gracia (Depok) 6-3, 7-6, Latifasih M (Bantul) Galuh Retno (Tegal) 6-4, 6-1, Talitha Ayudya (Bantul) vs Faren Alysa (Pati) 6-0, 6-1. Di kelompok putri KU-16 tahun, Keyla mangesit (Manado) vs Rani R (Salatiga) 6-1, 6-1, Hasna Raisa (Gresik) vs Luthfi Laila (Sukoharjo) 6-1-6-2, Sekar Vinda (Cilacap) vs Nadia Sukma (Tegal) 6-4, 6-3. 

Penggagas Detec Jr Open, Deddy Prasetyo mengatakan, setiap hari hingga 22 Juni mendatang akan ada pertandingan di tiga lapangan yakni UNY, UGM dan RS DKT. Nantinya partai-partai puncak akan dipusatkan di UNY.  Secara khusus, direktur teknik PP Pelti Frank van Fraayenhoven akan hadir memantau pemain-pemain berbakat untuk nantinya diikutkan dalam camp menjadi generasi penerus tenis nasional. “Ada tujuan jenjang dari turnamen ini, di mana pemain hasil pantauan nantinya akan masuk semacam camp pemusatan pelatihan untuk mewakili Indonesia di kejuaraan internasional,” tandasnya. (Fxh)