DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 17 Juni 2019 / 18:44 WIB

Dua Balon Liar 'Landing' di Lanud, Latihan Terbang Terganggu


SLEMAN,KRJOGJA.com - Kadis Ops Lanud Adisutjipto, Kolonel Pnb Feri Yunaldi mengatakan penerbangan balon udara secara liar saat ini sudah mengancam kawasan latihan pangkalan militer TNI AU Adisuctjipto Yogyakarta. 

"Dua balon udara terbang liar masuk zona militer Lanud Adisutjipto. Satu balon menyangkut di pohon yang berjarak sekitar 1,5 km dari runway. Satu balon menyangkut di tiang listrik utara kompleks Lanud Adisutjipto," ungkap Kolonel Feri Yunaldi.

Dia menjelaskan temuan terbaru balon udara liar  masuk ke dalam zona militer Lanud Adisutjipto Yogyakarta terpantau Senin (17/06/2019) sekira pukul 10:42 WIB. Akibatnya jadwal latihan terbang terganggu. Padahal, telah berkoordinasi dengan Air Traffic Control (ATC) Adisutjipto untuk mengantisipasi sejak dini kemungkinan balon udara masuk ke wilayah udara sekolah penerbang (Sekbang) TNI AU.


"Dengan adanya kabar ini, kami turut prihatin. kami sangat support apabila pada saat latihan langsung diberikan informasi ke tower jika ada balon udara terbang liar. Supaya terbang (pesawat) menghindari daerah tersebut, karena yang bisa menghindari adalah pesawat, balon tak bisa menghindari," kata Feri kepada wartawan di Media Center Lanud Adisutjipto, Senin (17/06/2019).

Dia menambahkan jika ada laporan balon udara terbang dizona tersebut, mereka akan menginfokan ke para petugas lalu lintas udara dan disampaikan ke seluruh penerbangan untuk menghindari jalur yang berpotensi dilalui balon liar.

Komandan Satuan POM AU Adisutjipto, Letkol Pom Muhammad Rudi berharap masyarakat ikut berperan aktif menyampaikan informasi jika mengetahui atau melihat adanya aktivitas penerbangan balon udara secara liar. Termasuk penggunaan sinar laser.  "Tolong, bagi semua masyarakat bisa ikut melapor jika melihat balon udara liar ke nomor kami, 085799088172. Ini akan standby dan siaga 24 jam," pungkasnya. (Ive)