Jateng Editor : Danar Widiyanto Senin, 17 Juni 2019 / 07:51 WIB

Libur Lebaran, 456.031 Wisatawan Kunjungi Obwis di Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Trend wisata alam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjungi objek-objek wisata (Obwis) di Kabupaten Purworejo. Bahkan selama musim Lebaran 2019 hingga, Sabtu (15/6/2019) tercatat 456,301 wisatawan memadati tempat-tempat  wisata. Jumlah itu mengalami kenaikan sekitar 15 persen atau 20.500 pengunjung jika dibandingkan musim Lebaran tanun sebelumnya.

“Jumlah ini sangat mungkin bertambah, karena belum seluruh pengelola obwis mengirimkan data ke kami,” kata Kapala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Purworejo Agung Wibowo AP.

Dalam musim Lebaran tahun ini menurut Agung Wibowo, selain obwis yang dikelola dinas, juga obwis yang dikelola desa disiapkan dan dikemas untuk melayani wisatawan Lebaran. “Ada 36 obwis yang disiapkan untuk kegiatan wisata Lebaran,” jelas Agung Wibowo.

Dari 36 obwis itu katanya, wisata alam masih menjadi favorif pengunjung, termasuk pantai selatan. Namun dari sederet pantai selatan yang membentang dari wilayah Kecamatan Grabag hingga Purwodadi, Pantai Jetis di Desa Patutrejo Kecamatan Grabag termasuk yang paling banyak dikunjungi, mencapai 70.463 pengunjung. Jumlah ini menggeser Pantai Jatimalang di Kecamatan Purwodadi yang dikunjungi sekitar 38.200 orang. “Pantai Jetis dikelola oleh pihak desa melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Jaminan keselamatan tampaknya menjadi pilihan wisatawan, selain lingkungan yang mendukung,” jelasnya.(Nar)