Peristiwa Agregasi    Minggu, 16 Juni 2019 / 17:43 WIB

Tujuh Orang Tewas Saat Bersihkan Septic Tank

GUJARAT, KRJOGJA.com – Tujuh orang dilaporkan tewas saat membersihkan selokan pembuangan sebuah hotel di Kota Gujarat, India. Gas beracun diyakini sebagai penyebab terjadinya insiden tersebut.

Empat pekerja kebersihan dan tiga staf Hotel Darshsan menjadi tidak sadarkan diri dan tewas pada Jumat malam setelah menghirup gas beracun di selokan tersebut. Jasad mereka telah diambil di Desa Fartikui dan pemilik hotel telah dituntut atas kematian mereka.

Otoritas Gujarat telah menjanjikan bantuan keuangan untuk keluarga dan kerabat korban. Berdasarkan keterangan polisi yang dilansir BBC, Minggu (16/9/2019), insiden itu bermula setelah seorang pekerja sanitasi memasuki tangki kotoran (septic tank) hotel. Ketika dia tidak kembali dari tangki dan menanggapi panggilan, ketiga rekannya masuk untuk mencarinya.

Belakangan, ketika tidak satu pun dari keempat orang itu keluar, tiga staf hotel turut masuk untuk membantu mereka, tetapi mereka juga jatuh pingsan dan meninggal. Setelah ketujuh hilang, layanan darurat setempat mengeluarkan jasad mereka dalam operasi tiga jam.

"Ketujuh orang itu tewas karena tekanan gas di tangki tinggi, tetapi kami bisa mengeluarkan jasad mereka," kata Petugas Pemadam Kebakaran, Nikunj Azad kepada media setempat.

Safai Karmachari Andolan, sebuah kelompok yang berkampanye untuk mengakhiri pekerjaan sanitasi manual, memperkirakan bahwa hampir 1.800 petugas kebersihan telah meninggal karena kehabisan nafas selama 10 tahun terakhir saat bertugas. (*)