Olahraga Editor : Ivan Aditya Sabtu, 15 Juni 2019 / 16:46 WIB

Kejurda Tenismeja, Pertama Kali Tandingkan Kelompok Beregu

YOGYA, KRJOGJA - Sebanyak 196 atlet dari 42 tim ikut meramaikan Kejurda tenismeja antarklub Pengda PTMSI se DIY yang berlangsung di GOR Among Raga Yogya, Sabtu (15/06/2019) dan Minggu (16/06/2019). Kejurda tenismeja yang digelar PTMSI DIY untuk pertama kali secara beregu tersebut dibuka Ketua Umum (Ketum) KONI DIY Prof Dr Djoko Pekik Irianto MKes AIPO.

Acara pembukaan dihadiri Mukhlis Marsiano (Waketum PP PTMSI),  Bandi (KONI DIY), Ketum Pengda PTMSI DIY H Bagya Rakhmadi SH, Ketua panitia Sofyan dan jajaran pengurus PTMSI DIY lainnya. Bagya Rakhmadi mengatakan kejurda tenismeja yang digelar pada tahun ini dimajukan. Pada tahun 2018 lalu event yang sama dihelat pada bulan Desember.

"Dimajukannya kejurda tenismeja pada 2019 ini, karena Pengda PTMSI  DIY pada 15-22 September mendatang ditunjuk PP PTMSI  sebagai tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan tenismeja Asia. Selain itu, Oktober 2019 juga ada Pekan Olahraga Daerah (Porda) DIY yang diikuti petenismeja dari 4 kabupaten/Kota se DIY," ujar Bagya Rakhmadi.

Menurut Bagya, kejurda kali ini baru pertama kali digelar secara beregu antarklub baik putra maupun putri. "Kalau tahun ini pesertanya sebanyak 196 atlet, tahun 2020 mendatang  kita mematok target sebanyak 300 atlet," terangnya.

Sementara itu, Djoko Pekik menjelaskan, bahwa pembinaan atlet itu wajib dilakukan. Salah satunya dengan cara menggelar kejurda. Pihaknya memberi apresiasi kepada Pengda PTMSI DIY yang telah menyelenggarakan kejurda tenismeja beregu ini.

"Ini merupakan langkah maju yang dilakukan PTMSI DIY dalam proses pembinaan. Atlet yang ikut ini, juga nantinya akan mewakili daerahnya baik kota maupun kabupaten se DIY dalam Porda DIY Oktober mendatang. Saya berharap dalam Porda DIY nanti ada atlet yang terpilih untuk mewakili DIY dalam pra PON maupun PON 2020 di Papua.

Ketua panitia Sofyan mengatakan, dari 196 atlet yang ikut serta ini, terdiri 146 putra dan 50 atlet putri. Dalam event kali ini yang paling banyak mengirimkan atletnya  adalah Pengkab PTMSI Sleman yaitu 16 tim (13 putra, 3 putri), Bantul 9 tim (8 tim putra, 1 tim putri), Kota Yogya 8 tim (6 putra, 2 putri), Kulonprogo (5 tim : 3 tim putra,  2 putri) dan terakhir Gunungkidul 4 tim (2 tim putra, 2 putri). (Rar)