DIY Editor : Agus Sigit Rabu, 12 Juni 2019 / 22:48 WIB

Balon Udara Jatuh di Mlati, Trafo Listrik Meledak

SLEMAN,KRJOGJA.com- Balon udara liar yang berpotensi membahayakan penerbangan udara jatuh menimpa rumah warga di RT 05/RW 22 Jatirejo, Sendangadi, Mlati, Kabupaten Sleman. 

Dari informasi yang dihimpun, balon tersebut berwarna kuning dengan kepanjangan lebih dari 10 meter. Adapun diameter cincin sekitar 3,5 meter. Melintang dari atap rumah warga bagian depan hingga belakang, serta menyamping menimpa rumah lain serta kabel listrik.

Adalah rumah milik Tedi ( 44) warga RT 05/RW 22 Jatirejo, Sendangadi, Mlati, Kabupaten Sleman menimpa rumahnya dan tersangkut di atap akibat balon udara yang diterbangkan liar.

" Balon itu jatuh sore tadi sekitar jam 17.00 WIB. Dari dalam rumah saya dengar suara gludak, kirain anak-anak main sepeda jatuh. Bersamaan juga terdengar suara letusan," kata saat ditemui di rumahnya, Rabu (12/06/2019) petang.

Setelah mendengar suara tersebut, dia pun mengecek keluar rumah dan didapati para tetangganya telah berkerumun. Dia melihat ternyata sebuah balon udara dengan ukuran cukup besar telah jatuh di atap rumahnya. Balon juga membuat trafo listrik meletus dan memicu saluran listrik padam dengan waktu lebih dari satu jam.

"Tadi terlihat balon masih ada apinya saat nyangkut di kabel, listrik padam karena trafo sempat meletus. Tampungan air belakang rumah juga rusak," tambahnya.

" Butuh waktu sekitar satu jam untuk menurunkan balon dari atap rumah dan kabel listrik oleh petugas PLN dibantu warga. Baru pertama kali ini terjadi. Belum tahu balon ini dari mana diterbangkan,"lanjutnya.

Beberapa warga mengatakan yang menyaksikan balon tersebut terbang sebelum tersangkut, balon udara datang dari arah selatan. Tali balon bagian bawah kemudian menyangkut di kabel listrik hingga akhirnya jatuh.

Sementara Kapolsek Mlati, Kompol Yugi Bayu mengatakan, barang bukti balon udara diamankan ke Mapolsek Mlati. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Angkasa Pura I Yogyakarta dan AirNav Yogyakarta untuk langkah lebih lanjut.

" Ini kita amankan ke Mapolsek dulu untuk penyelidikan lebih lanjut dan koordinasi dengan pihak terkait. Kita belum tahu persis balon ini terbang dari mana," pungkasnya. ( Ive).