Olahraga Agregasi    Kamis, 13 Juni 2019 / 03:14 WIB

Benitez Segera Tangani Chelsea?

LONDON, KRJOGJA.com – Chelsea dilaporkan dalam 48 jam ke depan akan menunjuk Rafael Benitez sebagai pelatih mereka. Seperti diberitakan Football Italia, Selasa (11/6/2019), dalam waktu dekat Benitez akan mengadakan pertemuan dengan manajemen Chelsea.

Jika benar Benitez yang dipilih, jelas hal yang mengejutkan. Sebab, pelatih 59 tahun itu sama sekali tidak pernah dikaitkan dengan Chelsea. Dalam beberapa minggu terakhir, nama Frank Lampard (Derby County) dan Massimiliano Allegri lebih santer dikaitkan dengan Chelsea, untuk menggantikan posisi Maurizio Sarri.

Meski begitu, Benitez bukanlah orang baru di tubuh The Blues –julukan Chelsea. Pelatih yang kontraknya habis bersama Newcastle United per 30 Juni 2019 itu, sempat menangani Chelsea dalam kurun November 2012 hingga Mei 2013.

Saat itu, Benitez menangani Chelsea ketika kompetisi hampir memasuki separuh jalan, menggantikan posisi Roberto Di Matteo yang dipecat. Hebatnya, meski bukan dengan skuad yang diinginkannya, pelatih asal Spanyol itu membawa Chelsea finis di posisi tiga Liga Inggris, plus keluar sebagai kampiun Liga Eropa 2012-2013.

Saat itu, Chelsea menjadi kampiun Liga Eropa setelah di final menang 2-1 atas Benfica. Karena itu, Benitez bukanlah pilihan buruk. Ditambah lagi, eks pelatih Valencia itu dikenal sebagai pelatih spesialis turnamen.

Benitez tercatat pernah memenangi trofi Liga Champions dan Piala FA bersama Liverpool, serta meraih gelar Piala Dunia Klub dan Piala Super Italia bareng Inter Milan. Sementara di kompetisi domestik (liga), Benitez sempat membawa Valencia menjadi kampiun Liga Spanyol 2001-2002 dan 2003-2004.

Juga bersama Valencia, Benitez mengantarkan klub yang bermarkas d Stadion Mestalla itu kampiun Piala UEFA (sekarang Liga Eropa) 2003-2004. Karena itu, Benitez bisa dibilang salah satu pelatih dengan trofi terlengkap saat ini. (*)