Peristiwa Editor : Agus Sigit Rabu, 12 Juni 2019 / 20:57 WIB

Sepekan Hilang, Pesawat Militer India Diculik Alien?

NEW DELHI, KRJOGJA.com – Salah satu media India menyampaikan teori mengenai keterlibatan makhluk luar angkasa atau alien di balik hilangnya pesawat angkut angkatan udara India AN-32 pekan lalu. Pemberitaan tentang alien itu sempat dilaporkan sebelum puing-puing pesawat nahas tersebut ditemukan oleh militer India pada Selasa.

Pesawat militer AN-32 tersebut menghilang di Mechuka, Arunachal Pradesh dekat perbatasan dengan China pada Senin pekan lalu, dengan 13 orang di dalamnya. Pesawat itu hilangan kontak setelah lepas landas dari Jorhat di Assam.

Angkatan udara India (IAF) mengumumkan bahwa mereka telah menemukan puing-puing pesawat itu pada Selasa di “16 km sebelah utara Lipo, timur laut Tato” dengan menggunakan helikopter militer yang terbang di atas zona pencarian.

Sebelumnya, setelah enam hari melakukan pencarian tanpa hasil, IAF menawarkan imbalan sebesar 500 ribu rupee (sekira Rp102 juta) bagi informasi yang dapat membantu mereka menemukan pesawat tersebut. Pemerintah India dikritik karena gagal menemukan pesawat itu, dan desas-desus beredar bahwa pesawat itu mungkin telah diculik oleh alien.

Stasiun televisi Zee Hindustan menyiarkan teorinya tentang penculikan oleh pesawat alien pada program beritanya, dengan seorang pembawa berita menjelaskan kemungkinan penculikan dengan menggunakan UFO di saat grafik dramatis diputar di layar di belakangnya.

Ide itu diejek secara luas di media sosial India, dengan kritik mengecam saluran berita itu karena dianggap menganggap remeh situasi yang serius.

Ini bukan pertama kalinya sebuah pesawat angkut IAF AN-32 menghilang. Pada Juli 2016, satu pesawat yang membawa 29 orang juga hilang saat terbang dari Chennai ke Port Blair. (*)