Peristiwa Editor : Danar Widiyanto Rabu, 12 Juni 2019 / 22:10 WIB

KASN Minta Soal Tes CPNS 2019 'Kekinian'

JAKARTA, KRJOGJA.com - Rekrutmen CPNS dan PPPK akan kembali dibuka tahun ini. Meski belum ada tanggal tetap, diperkirakan tes CPNS akan berlangsung akhir tahun dan tes PPPK terlaksana lebih dahulu.

Tes CPNS tahun ini akan didominasi oleh generasi milenial. Pasalnya, batas persyaratan usia adalah 35 tahun.

Untuk pelaksanaan tahun ini, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) menyorot soal-soal tes dan hasil Computer Assisted Test (CAT). Ini mengingat sedikitnya yang lolos CAT tahun lalu.

"Tahun kemarin yang lulus CAT adalah cuman sekitar 14 persen, itu mesti dilihat lagi soal-soalnya apakah masih valid dan kekinian, sehingga nantinya akan sesuai tujuan saat kita merekrut," ujar Komisioner Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Waluyo Martowiyoto, Selasa (11/6/2019).

Mengenai formasi tahun ini, Waluyo enggan berkomentar karena itu merupakan ranah Kementerian PANRB. Sedangkan KASN siap mengawasi agar pelaksanaan tes CPNS tahun ini agar bebas dari kecurangan.

"KASN mengawasi agar agar prosesnya itu berjalan sesuai peraturan perundangan, tidak ada jual beli tes masuk, pelanggaran kode etik, itu yang kita awasi," jelas Waluyo.

Berdasarkan informasi Badan Kepegawaian Negara (BKN), pemerintah tahun ini siap menyediakan 254.173 lowongan untuk CPNS dan PPPK. Akan tetapi, angka itu hanyalah plafon atas, dan setelah perhitungan instansi, jumlah lowongan masih bisa berubah.(*)