DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 12 Juni 2019 / 14:30 WIB

Kucurkan Dana Rp 4,5 M, Pemerintah Bantul Tata ‘Wajah’ Pantai Samas

BANTUL, KRJOGJA.com - Pemerintah Kabupaten Bantul terus berbenah disektor wisata seiring sudah dibukanya bandara di Kulonprogo. Bahkan secara khusus, Pantai Samas Sigading Sanden yang cukup lama 'tenggelam'  coba diangkat kembali. Untuk kepentingan tersebut pemerintah sudah menggelontorkan dana untuk memoles Samas mencapai Rp 4,5 miliar.

"Bulan ini tahapan sudah dimulai termasuk teken kontrak dan setelah itu pengerjaan akan segera dimulai," ujar Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo SSos MM, Rabu (12/6/2019).

Anggaran sebesar itu dialokasi untuk pembangunan tiga paket pekerjaan, yakni pembuatan area parkir, jalan wisata serta pembangunan taman. Melihat kondisi sekarang ini, pembenahan objek wisata tidak bisa ditunda lagi. Dengan harapan Samas kembali bangkit dari keterpurukan. Kwintarto menyadari, persoalan di Pantai Samas memang cukup beragam. Oleh karena itu, dibangunnya sejumlah infrastuktur tersebut diharapkan Pantai Samas sebagai objek wisata yang pernah mencapai puncak kejayaan kembali bangkit.

"Konsepnya itu Samas akan kami jadikan kawasan ekonomi di Bantul, sehingga kami terus berusaha mendorong masyarakat, pemerintah desa Srigading Sanden untuk berkolaborasi memajukan Samas," ujarnya.

Selain itu, konsep jalan wisata tersebut untuk memudahkan akses pengunjung menuju objek wisata. Sehingga wisatawan tidak perlu lagi keluar Jalan Jalur Lintas Selatan untuk menjangkau setiap objek di Pantai Selatan Bantul. Sejauh ini wisatawan harus keluar lewat JJLS setiap kali akan pindah dari objek satu ke yang lainnya. Tetapi memang sudah ada beberapa objek saling terhubung.

"Misalnya Pantai Cangkring ke Pantai Gua Cemara itu sudah bisa terhubung. Namun untuk Pantai Samas - Pandansari belum. Sehingga kita anggarkan untuk menghubungkannya,"jelasnya. Terkait dengan sumber dana berasal dari pemerintah pusat.(Roy)