DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 12 Juni 2019 / 12:53 WIB

Tingkat Hunian Hotel Melonjak

YOGYA, KRJOGJA.com - Musim libur Lebaran kali ini, banyak wisatawan dari luar kota yang melakukan mudik ke Yogyakarta. Kondisi ini berimbas pada okupansi atau tingkat hunian hotel melonjak, meningkat tajam dibandingkan dengan harihari biasa.

"Okupansi meningkat terutama hari H+3 banyak yang datang terutama melalui tol trans Jawa. Untuk yang hotel-hotel yang berlokasi di Ring Satu ataupun hotel-hotel bintang yang favorit bahkan ada yang sampai nolak tamu," jelas Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Istijab.

Sedangkan Marketing & Communications Manager Royal Ambarrukmo Yogyakarta (RAY), Khairul Anwar (Awang) mengatakan, okupansi hotel mencapai di atas 80 persen dari H-2 sampai dengan sekarang. "Hal ini karena libur Lebaran juga pada ambil awal dan sekalian berlibur di Yogyakarta. Makanya Yogyakarta jadi padat," papar Awang.

Di sisi lain, menurut Ketua Asita DIY, Udi Sudiyanto, musim Lebaran tahun ini kurang menggembirakan bagi biro perjalanan. "Hal ini mungkin terpengaruh dengan banyaknya wisatawan yang ke Yogya dengan menggunakan mobil pribadi sehingga mereka tidak memerlukan transportasi dari biro perjalanan," ucapnya. Dari pengamatan Udi Sudiyanto, mereka mereka ke Yogya dan bukan mudik, tetapi murni ingin jalan-jalan. (Rdi)