DIY Editor : Ivan Aditya Rabu, 12 Juni 2019 / 12:37 WIB

Hasil Pemilu Ditetapkan Bulan Depan

YOGYA, KRJOGJA.com - Kendati terbebas dari sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), namun hasil pemungutan suara tidak bisa langsung ditetapkan. KPU Kota Yogya baru bisa menetapkannya bulan depan sesuai edaran dari KPU RI.

Ketua KPU Kota Yogya Hidayat Widodo, menyampaikan berdasarkan edaran KPU RI, bagi daerah yang tidak memiliki sengketa PHPU di Mahkamah Konstitusi (MK) penetapan hasil Pemilu 2019 dilakukan di atas 1 Juli 2019. "Kami juga masih menunggu koordinasi dengan KPU DIY untuk kepastian tanggalnya. Yang jelas di atas 1 Juli 2019," jelasnya.

Di tingkat DIY, sengketa PHPU yang diajukan oleh peserta Pemilu 2019 hanya terjadi di KPU DIY. Aduan yang diajukan ke MK ialah dari Partai Berkarya serta salah satu calon anggota legislatif lantaran ada perbedaan jumlah suara yang diperoleh antara data yang dimilikinya dengan keputusan KPU. Oleh karena itu, penetapan di KPU DIY harus menunggu keputusan akhir dari MK.

Hidayat menambahkan, sesuai jenjangnya hasil Pemilu 2019 yang akan ditetapkan di tingkat KPU Kota Yogya ialah calon anggota legislatif terpilih di DPRD Kota Yogya serta DPRD DIY daerah pemilihan (dapil) Kota Yogya. "Rentang waktu penetapannya akan diputuskan bersama lima kabupaten lain di DIY. Nanti kami juga akan mengundang saksi dari partai politik peserta Pemilu 2019," imbuhnya.

Hasil penetapan berupa calon anggota legislatif terpilih nantinya akan langsung diajukan ke Gubernur DIY guna proses pelantikan. Sedangkan kurun waktu pelantikan sesuai Peraturan KPU (PKPU) No 10/2018 dilakukan antara Juli hingga Agustus 2019. Hal itu pun mempertimbangkan batas waktu masa berakhirnya anggota DPRD Kota Yogya periode 2014-2019.

Meski penetapannya masih bulan depan, namun nama-nama calon anggota legislatif yang berpotensi terpilih sudah bisa diprediksi. Hal ini dengan mengkonversi perolehan suara sah partai politik beserta calon anggota legislatifnya dengan metode saint lague.

Yakni untuk DPRD Kota Yogya, PDIP mengantongi 13 kursi, PAN 6 kursi, Gerindra 5 kursi, PKS 5 kursi, Golkar 4 kursi, NasDem 4 kursi, Demokrat 2 kursi, dan PPP 1 kursi. Sedangkan DPRD DIY Dapil Kota Yogya, PDIP mengantongi 3 kursi, dan PAN, PKS, Gerindra serta PSI masing-masing mengantongi satu kursi. (Dhi)