Jateng Editor : Ivan Aditya Rabu, 12 Juni 2019 / 11:32 WIB

Dishub Sukoharjo Evaluasi Arus Mudik Balik Lebaran

SUKOHARJO, KRJOGJA.com - Evaluasi dilakukan setelah pelaksanan arus mudik dan balik Lebaran oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo. Catatan diberikan berkaitan dengan rencana pembangunan infrastruktur jalan untuk memenuhi kebutuhan kendaraan yang jumlahnya semakin banyak setiap tahun. Dua lokasi jadi sorotan yakni di pertigaan Kadilangu, Baki dan pertigaan tugu lilin Makamhaji, Kartasura.

Kepala Dishub Sukoharjo Djoko Indrianto, Rabu (12/06/2019) mengatakan, secara keseluruhan pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran di Sukoharjo berjalan lancar. Dishub Sukoharjo sudah menerjunkan petugas untuk bergabung dengan tim pengamanan Lebaran disebar disejumlah wilayah. Petugas tersebut membantu melakukan pengaturan lalu lintas dengan maksud arus kendaraan dapat berjalan lancar.

Dishub Sukoharjo pada pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran juga telah memasang puluhan rambu petunjuk arah. Penempatan dilakukan disejumlah titik untuk mempermudah pemudik mengakses jalan saat masuk di wilayah Sukoharjo.

Keberadaan rambu petunjuk arah dinilai sangat membantu pemudik agar mereka tidak tersesat. Selain itu juga dapat mengurai kepadatan kendaraan dititik tertentu dengan mengarahkannya melalui jalur alternatif.

Meskipun lancar namun Dishub Sukoharjo tetap melakukan evaluasi dan memberikan catatan. Salah satunya berkaitan dengan rencana pembangunan infrastruktur jalan khususnya di pertigaan Kadilangu, Baki.

“Titik di pertigaan Kadilangu, Baki sangat padat pada hari biasa saja di jam tertentu sering macet apalagi saat arus mudik dan balik Lebaran. Lokasi tersebut sudah lama diusulkan untuk dilakukan pembangunan berupa pelebaran jalan dan kami harap bisa segera direalisasikan,” ujarnya.

Kondisi jalan di pertigaan Kadilangu, Baki dijelaskan Djoko Indrianto sudah kurang memenuhi standar kelayakan transportasi. Karena itu perlu dilebarkan untuk memenuhi kebutuhan dan memperlancar arus lalu lintas kendaraan.

Di pertigan Kadilangu, Baki usaha telah dilakukan Dishub Sukoharjo dengan melakukan penambahan fasilitas berupa pemasangan trafficlight dan pos pantau. Namun baru pos pantau saja yang difungsikan dengan penempatan petugas jaga membantu melakukan pengaturan lalu lintas. Sedangkan trafficlight belum difungsikan menunggu selesainya pelebaran jalan.

Catatan lainnya juga diberikan Dishub Sukoharjo di pertigaan tugu lilin Makamhaji, Kartasura. Sebab dititik tersebut selain terdapat masalah kemacetan juga terjadi kerusakan jalan. Penanganan hanya bisa dilakukan berkaitan dengan masalah kemacetan jalan yang jadi kewenangan Dishub Sukoharjo.

“Titik di pertigaan tugu lilin Makamhaji, Kartasura berada di perbatasan dengan Kota Solo. Kami melakukan penanganan mengurai kemacetan lalu lintas saja, sedangkan soal kerusakan jalan disana sesuai hasil koordinasi kami dengan Dinas Pekerjan umum dan Penataan Ruang Sukoharjo menjadi kewenangan Pemkot Solo untuk melakukan perbaikan,” lanjutnya.

Kondisi jalan yang rusak di pertigaan tugu lilin Makamhaji, Kartasura dikatakan Djoko Indrianto menjadi salah satu penyebab kemacetan lalu lintas selain padatnya kendaraan yang melintas. Karena itu penanganan diharapkan segera dilakukan berupa pembangunan jalan. (Mam)