Peristiwa Editor : Ivan Aditya Selasa, 11 Juni 2019 / 21:56 WIB

Maruf Tegaskan Tak Pernah Menjabat di Bank BUMN

JAKARTA, KRJOGJA.com - Calon wakil presiden terpilih Ma'ruf Amin menegaskan bahwa dirinya tak pernah menjadi karyawan atau pejabat di Bank milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Ma'ruf sendiri mengakui bahwa dirinya hanya menjabat sebagai Dewan Pengawas Syariah (DPS) di Bank Mandiri Syariah dan BNI Syariah.

"Iya DPS, DPS kan bukan karyawan [BUMN]," kata Ma'ruf.

Meski namanya tercatat sebagai Dewan Pengawas Syariah (DPS) di Bank Syariah Mandiri dan BNI Syariah, Ma'ruf menegaskan bahwa kedua bank tersebut bukan Bank milik BUMN. Ia menyatakan kedua bank tersebut hanya berstatus sebagai anak perusahaan Bank Mandiri dan BNI. "Dan itu (BNI Syariah dan Mandiri Syariah) bukan BUMN juga. Orang itu anak perusahaan," kata dia.

Melihat hal itu, Ma'ruf lantas meminta kepada pihak tim hukum dari Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan Jokowi-Ma'ruf untuk memberikan penjelasan kepada masyarakt perihal hal tersebut. Sebab, kata dia, hal ini sudah masuk kedalam ranah hukum. "Karena ini sudah jadi ranah hukum, biar TKN saja yang jawab lah, ga usah saya yang beri penjelasan," tambahnya. (*)