Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 12 Juni 2019 / 10:39 WIB

561 Calhaj Karanganyar Dibagi Tiga Kloter


KARANGANYAR, KRJOGJA.com - Sebanyak 561 jemaah calon haji (Calhaj) Kabupaten Karanganyar tergabung di tiga kelompok terbang (kloter) di musim haji tahun 2019. Mereka akan mulai masuk ke asrama haji Donohudan, Boyolali pada Sabtu, 6 Juli mendatang.

“Yang masuk ke pemondokan adalah kloter  3 sebanyak 334 orang dan kloter 4 sebanyak 223 orang. Ada empat orang tergabung di kloter 97, namun kategori sapu jagat yang belum dijadwalkan masuk ke asrama. Tanggalnya menyusul,” kata Asisten Sekda Bidang Ekbangkesra Setda Pemkab Karanganyar, Siti Maesyaroch kepada para jemaah di Gedung Wanita, Selasa (11/6).

Para jemaah tersebut telah melunasi Ongkos Naik Haji sesuai ketentuan pemerintah. Selain itu, mereka masih harus mengikuti prosedur kesehatan hingga tiba di Tanah Suci. Siti mengatakan, pemerintah menyediakan empat petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dari unsur ASN dan legislatif. 

Para personel telah diberi pelatihan pemandu haji oleh Kantor Kemenag setempat. Kini, tinggal menunggu personel Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) dari Kantor Wilayah Kemenag dan Pemprov Jateng. Lebih lanjut Siti mengatakan, para jemaah akan mengikuti manasik haji di Gedung Wanita dan Edupark Intanpari pada Selasa dan Rabu (11-12/6). “Teori disampaikan selama enam hari oleh KUA dan dua hari oleh Kemenag,” katanya.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan pemkab menyiapkan bus pengangkut jemaah menuju asrama haji di Donohudan saat pemberangkatan maupun pemulangan. Ia menekankan pentingnya jemaah mengikuti manasik haji. (Lim)