Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 11 Juni 2019 / 16:05 WIB

DITETAPKAN UNWTO

Ubud jadi Destinasi Gastronomi Bersatandar Global

JAKARTA, KRJOGJA.com - Ubud di Kabupaten Gianyar,  Bali,  ditetapkan sebagai destinasi gastronomi berstandar global oleh organisasi pariwisata dunia atau UN World  Tourism Organization (UNWTO).

"Sebenarnya tiga daerah yang diajukan sebagai daerah destinasi kuliner atau destinasi gastronomi ke UNWTO yakni Bali, Bandung dan Yoglosemar atau Yogya, Solo dan Semarang. Tapi baru Bali tepatnya Ubud yang ditetapkan sebagai destinasi gastronomi berstandar global,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, Selasa (11/6).

Menurutnya ada beberapa kriteria agar daerah tersebut yang diajukan ke  UNTWO menjadi  destinasi  gastronomi berstandar global  yakni, kuliner di daerah tersebut sudah menjadi gaya hidup,  harus lokal produk, memiliki hubungan dengan heritage, memiliki storiteling atau ceritanya. "Kalau ini berhasil, maka daerah tersebut akan disetujui gastronomi berstandar global, termasuk Yoglosemar dan Bandung,” tegasnya.

Dipaparkan, selama ini Indonesia tidak memiliki daerah destinasi kuliner, bahkan Indonesia secara khusus tidak memiliki kuliner nasional atau national food. Meski demikian Kemenpar mengajukan 5 kuliner nasional yakni soto, rendang, nasi goreng,  sate dan gado gado.

Menurutnya, kuliner Indonesia juga belum banyak di kenal di luar negeri, hal ini dikarenakan pemerintah Indonesia juga tidak memiliki restoran sendiri di luar negeri, namun pemerintah hanya mensuport restoran  yang  menjual masakan Indonesia. "Bagaimana kita mendekatkan kuliner Indonesia ke dunia luar, karena kita belum punya restoran sendiri di luar negeri, selama ini pemerintah hanya mendukung bila ada restoran yang buka di luar negeri  dengan masakan Indonesia,” tegasnya. (Lmg)