DIY Editor : Agus Sigit Selasa, 11 Juni 2019 / 10:24 WIB

Jutaan Nila Mati, pH Air di Atas Normal

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Matinya jutaan ikan di Laguna Trisik, mendapat perhatian serius Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kulonprogo. Kabid Pemberdayaan Nelayan Kecil DKP Kulonprogo Sugiharto mengatakan, setelah menerima laporan dari masyarakat, pihaknya melakukan pengecekan ke lapangan.

Menurutnya, ikan yang mati meliputi ikan nila, betik, keting dan beberapa jenis ikan liar lainnya. DKP Kulonprogo bersama kelompok nelayan pembudidaya ikan sedang mengusahakan alat berat untuk mengubur bangkai ikan yang membusuk.

"Belum diketahui pasti penyebab kematian ikan di Laguna Trisik. Ikan yang mati lebih dari satu ton. Telah diambil sampelnya untuk mengetahui penyebab kematian jutaan ikan tersebut," kata Sugiharto, Senin (10/6).

Misterius! Jutaan Ikan Nila Mati di Laguna Trisik

Kasi Kesehatan Ikan dan Lingkungan DKP Kulonprogo Siti Khoiriyah menambahkan, pihaknya juga sudah mengambil sampel air laguna untuk mengukur derajat keasaman atau pH air. Penyebab kematian ikan itu diperkirakan akibat derajat pH air melebihi kadar normal 7. "Jika kadar pH air mencapai 9,33 bisa menyebabkan ikan mati. Dengan kadar pH di atas normal, ikan dan biota lain akan mati, tidak mampu bertahan hidup," jelasnya. (Ras)