Peristiwa Editor : Tomi sudjatmiko Selasa, 11 Juni 2019 / 12:24 WIB

Soal UTBK, Menteri Serahkan ke Kampus

JAKARTA, KRJOGJA.com - Menristekdikti Mohammad Nasir mengatakan kampus yang akan menentukan grade berapa nilai UTBK yang bisa masuk ke perguruan tinggi .

" SBMPTN hari ini ada pendaftaran dasarnya adalah dari UTBK. Jadi UTBK sudah berjalan, sudah dapat nilai, jadi dipersilahkan seluruh peserta atau seluruh anak Indonesia yang sudah ikut UTBK, silahkan mendaftar sesuai dengan kemampuannya masing-masing" demikian Menristekdikti.
 

Menjawab pertanyaan wartawan apakan nanti yang  dilihat dari  nilai UTBK,Menristekdikti mengatakan iya,dengan harapan  supaya nanti orang biar lebih real. 

SBMPTN 2019 merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) saja atau hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh PTN.

Pengelolaan dan pengolahan data untuk kepentingan seleksi jalur SBMPTN dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).
Para siswa dapat langsung mendaftar melalui laman resmi SBMPTN, http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id. Sebelum bisa mengikuti SBMPTN, pendaftar harus memastikan diri telah mengikuti UTBK 2019.

Selain itu, persyaratan lain yang harus dipenuhi adalah siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.
Kemudian, bagi siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pas foto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.

Lalu, pendaftar SBMPTN harus memiliki nilai UTBK, kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi, serta memiliki NISN.
Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah. Serta yang terakhir, siswa tidak lulus jalur SNMPTN 2019.(ati)