DIY Editor : Danar Widiyanto Senin, 10 Juni 2019 / 13:10 WIB

Libur Rampung, Volume Sampah Parangtritis Menggunung

BANTUL, KRJOGJA.com - Volume sampah di kawasan Pantai Parangtritis Kretek Bantul meningkat tajam selama liburan Lebaran tahun 2019. Jika dibanding dengan hari biasa, kenaikan volume empat kali lebih banyak. Sementara Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Parangtritis setiap pagi berusaha membereskan hamparan sampah agar kawasan wisata itu tepat nyaman dikunjungi wisatawan.

"Sejak H+1 hingga H+5 ini volume sampah di Parangtritis dalam sehari dikisaran  3  ton hingga 4 ton, itu naiknya empat kali lipat dibanding hari biasa," ujar Kepala UPK Parangtritis Suranto, Senin (10/6/2019).

Kedepannya UPK bakal memasang tong sampah di sepanjang pantai untuk mensiasati jika terjadi lonjakan pengunjung. Dengan langkah tersebut diharapakan, keberadaan sampah di Parangtritis lebih mudah dikendalikan.

"Kami punya wacana dan berusaha menyediakan tong sampah disepanjang pantai, sehingga sampah wisatawan mudah dan cepat ditangani," ujar Suranto.

Terkait dengan prasarana pendukung penanganan sampah di Parangtritis, menurut Suranto sudah memadai. Sehingga UPK tinggal mengoptimalkan peralatan agar proses pembersihan sampah semakin cepat dilakukan.

"Ketersediaan alat  saya kira sudah cukup memadai. Karena UPK oleh pemerintah Bantul sudah diberikan armada  roda tiga 6 unit, truk, loudher, garuk besi dan kayu, khusus alat  sudah  cukup," ujarnya.

Meski begitu, Suranto masih punya impian kedepannya ada petugas khusus mengimbau kepada wisatawan untuk membuang sampah ditempatnya. Jika gagasan tersebut bisa terealisasi  diyakini bakal  mengurangi kebiasaan pengunjung membuang sampah sembarangan.

“Kami lihat bahwa kesadaran wisatawan membuang sampah pada tempatnya masih rendah. Oleh karena itu kita berusaha memberikan edukasi langsung,” jelasnya.

Terpisah anggota Komisi B DPRD Bantul, Suradal  menilai  UPT Pantai Parangtritis sudah berusaha sekuat tenaga dalam manjaga pantai tetap bersih. Kebersihan sebuah objek bagian tidak terpisahkan agar tetap diminati pengunjung. Oleh karena itu, politisi PKB inipun minta kepada pemerintah Bantul untuk benar-benar memperhatikan soal kebersihan objek wisata di Bantul.

“Kami minta pemerintah Bantul serius menjaga objek dari sampah,“ ujarnya.(Roy)