DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 10 Juni 2019 / 14:20 WIB

169.000 Wisatawan Padati Gunungkidul

WONOSARI, KRJOGJA.com - Libur Lebaran dan cuti bersama berdampak positif pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Gunungkidul. Selain pantai selatan, wisatawan banyak mengunjungi wisata lain seperti Goa Pindul, Air Terjun Sri Gethuk Bleberan dan lokasi lain di Gunungkidul. Berdasarkan data dari Dinas Pariwisata, jumlah kunjungan wisatawan mengalami peningkatan. 

"Sejak Lebaran hingga Sabtu (8/6) jumlah wisatawan yang berkunjung mencapai 169.000 orang,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Hari Sukmono, Minggu (9/6).

Kepadatan wisatawan ini terlihat dengan terjadinya peningkatan kepadatan di jalur Wonosari-Yogyakarta maupun sebaliknya. Banyaknya kunjungan wisatawan membuat arus lalu-lintas di jalur utama Wonosari Yogyakarta padat merayap.

Kapolres Gunungkidul AKBP Ahmad Fuady MH mengatakan, keberadaan
pos pengamanan Lebaran maupun pospam wisata dioptimalkan agar arus lalulintas berjalan lancar dan memberikan kenyamanan. "Pada pengamanan ini dikerahkan kurang lebih 799 personel,” imbuhnya.

Pengamanan wisatawan pantai selatan Gunungkidul diperketat mengantisipasi terjadinya sengatan uburubur. Sampai Minggu (9/6),
Tim SAR Gunungkidul mencatat lebih dari 200 wisatawan tersengat ubur-ubur dan terbanyak menimpa usia anak-anak dengan usia
antara 6-14 tahun. "Penjagaan ekstra ketat oleh tim SAR, kepolisian, petugas medis dilakukan juga terkait terjadinya gelombang laut pasang mencapai 3 meter dari kondisi normal,” kata Koordinator SAR Linmas Wilayah II Gunungkidul di Pantai Baron, Marjono, Minggu (9/6). (Ded/Bmp)