DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 10 Juni 2019 / 16:12 WIB

PUNCAK ARUS BALIK LEBARAN

Ribuan Pemudik Tinggalkan Kulonprogo

WATES, KRJOGJA.com - Puncak penumpang arus balik Idul Fitri 1440 H/2019 moda transportasi darat, baik yang menggunakan jasa Kereta Api (KA) dari Stasiun Wates maupun bus dari Terminal Wates terjadi pada Sabtu dan Minggu (8-9/6). Ribuan penumpang mulai meninggalkan kampung halaman di Kulonprogo.

Kepala Stasiun Wates, Bhurhani yang dihubungi, Minggu (9/6) mengimbau calon penumpang KA lokal membeli tiket secara online
dengan mengakses KAI Access untuk menghindari antrean panjang atau penumpukan di Stasiun Wates. Pemesanan tiket tujuh hari sebelum jadwal pemberangkatan.

"Calon penumpang yang akan menggunakan jasa KA bisa memesan secara online, tidak perlu mendatangi loket di stasiun. Ini untuk mempermudah calon penumpang agar tidak harus antri berjam-jam di stasiun,” ucap Bhurhani di Stasiun Wates.

Menurutnya, pada H+2 Idul Fitri atau Sabtu (8/6) terjadi kenaikan penumpang yang naik dari Stasiun Wates sebesar 13 persen atau 1.489 orang dibandingkan H+2 tahun sebelumnya 1439 H/2018 sebanyak 1.280 orang. Setiap menjelang jadwal pemberangkatan KA sempat terjadi penumpukan calon penumpang. Akibat kapasitas terbatas, sebagian calon penumpang harus menunggu di luar ruang tunggu stasiun. Terutama pada sore hari dari pukul 17.00 sampai pukul 19.30.

Dalam jangka waktu sekitar dua setengah jam, sebanyak 12 perjalanan KA berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang di Stasiun Wates. Setiap 12 menit terdapat kereta berhenti menaikan dan menurunkan penumpang. 

“Meskipun demikian tidak ada penumpang yang tertinggal, semua bisa diberangkatkan sesuai jadwal. Hanya penumpukan calon penumpang menjadi satu dengan antrean pemesan tiket dan para pengantar karena kapasitas ruang tunggu terbatas,” jelasnya.

Lonjakan penumpang arus balik lebaran di Terminal Wates terjadi pada Sabtu dan Minggu (8-9/6). Terjadi keterlambatan bus masuk
terminal akibat adanya kemacetan lalu lintas kendaraan di ruas jalan arteri jalur selatan.

Ketua Regu Petugas Terminal Wates, Supono mengungkapkan penumpang arus balik lebaran yang berangkat dari Terminal Wates, Minggu
(9/6) sebanyak 4.000 orang. Meliputi penumpang yang diberangkatkan melalui agen yang ada di terminal, bus jemputan dan menggunakan bus pariwisata. (Ras)