DIY Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 10 Juni 2019 / 14:40 WIB

Penasaran, YIA ’Diserbu’ Masyarakat

KULONPROGO, KRJOGJA.com - Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) atau Yogyakarta International Airport (YIA) menjadi salah satu tempat menarik yang banyak dikunjungi masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M kali ini. 

Masyarakat berdatangan ke bandara yang terletak di sisi Selatan Jalan Wates Purworejo Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo tersebut karena penasaran ingin mengetahui kondisi bandara baru tersebut, di samping penumpang yang memang turun dan naik pesawat di bandara tersebut.

Sepanjang Minggu (9/6), kawasan BIY/YIA tidak pernah sepi pengendara motor dan mobil di jalan pintu masukkeluar bandara. Data di Posko Terpadu Angkutan Lebaran 1440 H/2019 BIY/YIA menyebutkan, pada puncak arus balik Lebaran H+3, Minggu (9/6) terdapat delapan jadwal penerbangan dan tujuh kedatangan pesawat. Penerbangan dengan tujuan Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, Soekarno-Hatta Cengkareng, Samarinda Kalimantan Timur dan Palangkarya Kalimantan Tengah. Jadwal kedatangan pesawat
dari Bandara Halim PK, SoekarnoHatta dan Samarinda. 

"Sebagian besar masyarakat datang ke sini ingin mengetahui operasional BIY/YIA,” ujar Dimas Budi Bintara Jaya, petugas di
Posko Terpadu Lebaran YIA.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama mengatakan, arus balik di Bandara Adisutjipto Yogyakarta mencapai puncaknya Sabtu (8/6), dengan 23.534 penumpang meninggalkan Yogyakarta menggunakan 176 pesawat. Padatnya kendaraan arus balik yang didominasi kendaraan pribadi menuju arah Jakarta, menyebabkan jalur penghubung Selatan ke Pantura atau jalur tengah dari Ajibarang hingga Bumiayu Kabupaten Banyumas, Minggu (9/6) malam macet sekitar 25 kilometer.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengimbau agar mobil barang tidak melintasi ruas jalan tol mulai dari Semarang hingga Jakarta sampai 12 Juni 2019 atau diperpanjang dua hari dari sebelumnya 10 Juni. (Ras/Awh/Dri/Imd/Ati)