Wisata Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 10 Juni 2019 / 12:22 WIB

Lezat Abis, Nasi Pecel ‘Boirah’Andalan Masyarakat Ponorogo

PONOROGO, KRjogja.com – Bagi warga sekitar Pondok Pesantren Gontor 1 di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo dan pemudik rasanya kurang lengkap bila tak menikmati sarapan pagi nasi pecel warung mbok boirah yang terletak dekat gerbang pertigaan masuk kawasan pesantren gontor ponorogo. 

Puluhan pengunjung yang datang dari sekitar dan luar kota berjubel di warung sederhana ini.  Nasi pecel mbok boirah kondang dan rasanya nikmat, sambelnya gurih dihidangkan bersama nasi putih hangat. Nama mbok boirah sudah menjadi ikon kuliner nasi pecel di sekitar Pesantren Gontor 1.

Gaya canda dan keramahannya saat meladeni pembeli menjadikan warung nasi pecel ini menjadi favorit. Tidak hanya itu, lauk nasi pecel diantaranya tempe goreng, piya-piya, dan lainnya menjadi pelengkap hidangan pelengkap sarapan nasi pecel di jalur alternatif Ponorogo-Trenggalek. 

"Saya kalau ke Gontor setiap pagi dipastikan sarapan nasi pecel mbok boirah yang memang sangat enak sambelnya gurih dengan lauk tempe gorengnya,” tutur Nyonya Fatimah (37) pengunjung Pesantren Gontor asal Jawa Barat kepada KRjogja.com belum lama ini.

Warung pecel Mbok Boirah ini tidak hanya menjadi favorit bagi warga pendatang saja, melainkan menjadi favorit para pekerja dan para petani di wilayah ini, mereka setiap pagi banyak berkumpul di warung boirah, ada yang sarapan, ada yang sekadar ngopi pagi untuk menambah semangat kerja. “Setiap akan ke sawah kalau belum ngopi tempat Mbok Boirah, rasanya belum pas dipikiran,” ujar Kang Bani warga Gontor Ponorogo. 

Mbok Boirah sudah puluhan tahun membuka warung nasi pecel di warung tersebut. Ia membuka warungnya mulai pukul 05.00 hingga 13.00 pada hari biasa dan untuk lebaran biasanya jam 10.00 sudah tutup. “Untuk pesan sambal pecel perkilonya 80 ribu,” ujar Mbok Boirah kepada KRjogja.com. (Sus)