Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 10 Juni 2019 / 00:40 WIB

Jalur Penghubung Selatan Pantura Macet Parah, Pengendara Diminta Sabar

BANYUMAS, KRJogja.com  -Meningkatanya volume kendaraan arus balik yang didominasi kendaraan pribadi menuju arah Jakarta, menyebabkan jalur penghubung selatan ke pantura atau tengah dari Ajibarang,Kabupaten Banyumas hingga Bumiayu Kabupaten Banyumas, Minggu (9/6) malam macet sekitar 25 kilometer.

Kemacetan panjang kendaraan dari persimpangan jalan Ajibarang menuju Bumiayu,dan sebaliknya terlihat dari arah Bumiayu."Perjalanan dari Bumiayu-Ajibarang yang biasa ditempuh kurang dari satu jam saat ini ditempuh lima jam," kata Nugroho (50) warga Purwokerto.

Guna mengurangi kemacetan di jalur tengah atau penghubung petugas Polres Banyumas sudah berusaha mengalihkan kendaraan arus balik dari Yogyakarta, Purworejo,Kebumen dan Purwokerto diarah ke jalur selatan melalui Wangon, Majenang, Banjarpatroman Jawa Barat.
Sedang kendaraan arus balik dari Wonosobo,Banjarnegara, Purbalingga diarahkan lewat Bobotasari Purbalingga ke arah  jalur Tol Pemalang.

Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun SIk saat memimpin pengaturan lalu lintas di persimpangan Ajibarang, menjelaskan terjadinya kemacetan akibat padatnya arus kendaraan balik, dan masih banyak kendaraan berwisata dan adanya sejumlah pasar tumpah dan objek wisata di Peguyangan, Brebes.

"Jika kendaraan terus macet maka akan dilakukan kontra flow dan berkordinasi dengan Polres Brebes," kata AKBP Bambang Yudhantara Salamun.

Kepada pengendara Kapolres meminta untuk bersabar dan tetap pada jalurnya.
Ia menambahkan kemacetan panjang di jalur tengah terjadi mulai Sabtu (8/6) hingga Minggu (9/6/2019) malam. Bahkan hingga berita ini diturunkan kemacetan mengulir dari depan pabrik semen Bima Ajibarang hingga Bumiayu, Kabupaten Brebes atau sekitar 25 kilometer.(Dri)