Olahraga Agregasi    Senin, 10 Juni 2019 / 09:40 WIB

Penampilan Buruk, Rossi Salahkan Ban

LESMO, KRJOGJA.com – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, mengomentari performa motor milik timnya, YZR-M1, di MotoGP musim 2019. Rossi tidak menampik bahwa YZR-M1 tak menunjukkan perkembangan yang signifikan sejak pemasok ban berganti ke Michelin.

Sebagaimana diketahui, performa Tim Yamaha dalam tiga musim terakhir memang kurang begitu menjanjikan. Bahkan, Rossi ataupun Maverick Vinales acap kali tampil inkonsisten dalam enam balapan yang sudah berlangsung di MotoGP musim ini.

Sejauh ini kedua pembalap Tim Yamaha itu sudah sama-sama sudah pernah mengalami gagal finis. Yang mana Rossi sekali kala mentas di MotoGP Italia 2019, sementara sang tandem dua kali (di Argentina dan Prancis).

Rossi pun mengakui bahwa performa minor Tim Yamaha diawali dengan pergantian pemasok ban dari Bridgestone ke Michelin. Pergantian ban tersebut memberikan pengaruh besar terhadap kinerja motor Tim Yamaha, YZR-M1, dalam tiga tahun terakhir.

 

“Bagi saya sampai paruh pertama 2016, mungkin Yamaha adalah motor yang lebih kuat di grid. Dengan (ban) Bridgestone pada 2015, saya bertarung melawan (Jorge) Lorenzo untuk kejuaraan dan kami berdua mencetak lebih dari 320 poin. Jika Anda melihat pabrikan sudah 650 poin, itu jumlah yang luar biasa,” jelas Rossi, seperti disadur dari GPOne, Minggu (9/6/2019).

Tapi setelah, dari paruh kedua 2016, yang lain membuat perbaikan besar - dan sepertinya kami tertunda karena di tahun-tahun terakhir, sejujurnya, jika Anda melihat performa kami, waktu lap kami, kami kurang lebih sama. Bagi saya ini masalah,” imbuh pembalap asal Italia tersebut. (*)