Jateng Editor : Tomi sudjatmiko Senin, 10 Juni 2019 / 05:05 WIB

Kesenian Tradisional Meriahkan Liburan Lebaran

PURWOREJO, KRJOGJA.com -  Sejumlah kelompok kesenian tradisional di Kabupaten Purworejo tampil dalam balutan Romansa Hari Raya Purworejo. Kegiatan ini sekaligus sebagai hiburan segar dan suguhan bagi warga masyarakat serta pemudik yang kangen akan nuansa budaya Purworejo.

“Berbagai kegiatan itu kita pusatkan di seputar Alun-alun besar Purworejo,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Purworejo Agung Wibowo AP, Minggu (9/6).

Kesenian tradisional yang tampil dalam  even Romansa Hari Raya itu terdiri dari kuda lumping, topeng ireng, incling dan didukung oleh kesenian modern lainnya, untuk membangkitkan nuansa Lebaran di Purworejo.

Kegiatan ini menurut Agung Wibowo, diawali dari penampilan Kuda Lumping Ngesti Budoyo dari Desa Piji Kecamatan Bagelen di aluh-alun sebelah utara pada, Kamis (6/6) sore hingga menjelang petang. Disusul dengan Radio Skyband Purworejo hingga dini hari.

Hari berikutnya ditampilkan seni tradisional Topeng Ireng Rimbasari dari Desa Mayung Sari Kecamatan Bener Purworejo. “Pentas Topeng Ireng ini mengambil waktu malam hari mulai pukul 19.30  juga di sebelah utara Alun-alun,” tandasnya.

Kesenian tradisional Incling Turonggo Muda dari Desa Semawung Kecamatan Purworejo juga tak ketinggalan tampil dalam even Romansa Hari  Raya ini yang juga mengambil tempat di sisi utara Alun-alun Purworejo pada hari ketiga Lebaran.(Nar)