DIY Editor : Ivan Aditya Minggu, 09 Juni 2019 / 13:39 WIB

Ubur-ubur Beracun Serang Ratusan Wisatawan

KRETEK, KRJOGJA.com - Data Pos SAR Parangtritis Kretek Bantul mencatat hingga Minggu (09/06/2019) hampir 200 wisatawan tersengat ubur-ubur beracun. Mayoritas dari mereka adalah anak-anak.

“Data yang masuk ke Pos SAR sejak Senin lalu hingga Sabtu kemarin jumah korban sengatan ubur-ubur mencapai 188 orang. Jumlah itu merupakan rekapan dari Pantai Depok dan Parangtritis,” ujar Komandan SAR Bantul, Arif Nugraha kepada KRJOGJA.com, Minggu (09/06/2019).

Dalam kurung waktu sepekan ini, Kamis lalu atau H+1 Lebaran menjadi hari paling banyak wisatawan tersengat ubur-ubur. Khusus dari Pantai Parangtritis saja jumlahnya menembus angka 92 orang, sedang dari Pantai Depok ada 26 wisatawan.

Arif mengatakan dampak dari sengatan ubur-ubur jenis blue bottles ini membuat perut sakit. Selain itu, jika orang tersebut punya riwayat penyakit juga bisa mengakibatkan sesak di dada.

Pihaknya sudah mengimbau wisatawan tetap waspada dan menjaga anak-anaknya. Karena hingga kini belum diketahui waktu berakhirnya kemunculan ubur-ubur itu. (Roy)