DIY Editor : Ivan Aditya Minggu, 09 Juni 2019 / 09:11 WIB

Yuyun Duo Amor, Pedangdut Asal Pleret Unjuk Pamor

TAK ada yang menyangka jika pedangdut dari Pleret Bantul ini mampu menggebrak panggung hiburan ibukota. Kegagalannya dalam suatu ajang pencarian bakat penyanyi dangdut yang diadakan salah satu stasiun televisi swasta nasional justru membawanya pada tangga ketenaran. Bergabung dalam Duo Amor bersama Refty Ratu, pedangdut satu ini menjadi idola baru yang mencuri hati penggemar dangdut.

Untuk panggung hiburan dangdut Yogya, nama Yuyun Wida memang terdengar asing dan tidak sepopuler pedangdut lain yang telah beken sebelumnya. Maklum saja, penyanyi bernama asli Tri Widadi Rahayu tersebut lebih banyak berkiprah di gelaran-gelaran dangdut ibukota.

Bisa dibilang Yuyun Wida merupakan 'Ratu Dangdut Ajang Pencarian Bakat'. Berbagai audisi serta kontes dangdut diikutinya dan hasilnya pun juga tak main-main, berbagai gelar juara disabetnya hingga menjadikan seorang Yuyun Wida sebagai seorang debutan yang patut diperhitungkan. 

Kesuksesan Yuyun Wida dimulai tahun 2004 saat ia mengikuti ajang 'Dangdut Mania Dadakan', kala itu predikat sebagai juara 3 diraihnya. Setahun kemudian ia kembali bertarung dalam kontes serupa bertajuk 'Seleb Dut' dan masuk hingga tahap dua belas besar.

"Dengan bernyanyi Yuyun bisa mengekspresikan bakat dan kemampuan. Ketertarikan mengikuti ajang-ajang dangdut supaya bisa menambah ilmu dan bisa menjadi penyanyi yang lebih profesional," ucap Yuyun Wida.

Lahir di Banjarnegara 28 tahun lalu, Yuyun Wida memilih hijrah dari kota asalnya ke Yogya pada tahun 2009 untuk memulai merintis karir di dunia dangdut. Di kota ini pedangdut berbibir seksi tersebut melanjutkan studinya sebagai mahasiswi di salah satu sekokah tinggi kesehatan dan memilih menetap di kawasan Pleret Bantul.

Sebentar malang-melintang di panggung dangdut lokal Yogya kala itu, Yuyun Wida sempat bergabung dalam Manajemen HaSoe Angels besutan musisi Hadi Soesanto 'Sarjana Elektone'. Namun karena tawaran manggung banyak dari ibukota maka wira-wiri Yogya - Jakarta harus dilakoninya sambil menyambi kuliah.

Hingga pada akhirnya pada Agustus 2018 silam Yuyun Wida kembali menjajal peruntungannya dalam kontes pencarian bakat 'Bintang Dangdut Pantura 5'. Kesempatan itu tak disia-siakan pedangdut yang dinaungi bintang Virgo ini untuk menunjukkan kebolehannya.

"Awalnya Yuyun tahu informasinya dari medsos, itu pun sudah belakangan sehingga harus mengikuti audisi terakhir di Pekalongan. Dua minggu usai audisi Yuyun dihubungi penyelenggara yang menyatakan jika telah lolos untuk audisi di Jakarta sekaligus on air di televisi," kata anak ketiga dari enam bersaudara ini.

Dalam ajang ini Yuyun Wida bersama 155 kontestan lainnya bersaing untuk menjadi bintang dangdut yang sebenarnya. Hidup dalam karantina pun dilalui Yuyun Wida selama lebih dari satu bulan lamanya serta tak boleh berinteraksi dengan dunia luar.

Satu persatau para kontestan berguguran dan tereliminasi. Penampilan Yuyun Wida yang memukau ternyata berhasil mencuri perhatian para dewan juri sehingga ia mampu terus bertahan serta memulangkan peserta-peserta lainnya.

Namun langkah Yuyun Wida harus terhenti sebelum ia berhasil memenangkan ajang dangdut bergengasi ini. Ia dipaksa angkat koper duluan saat para kontestan hanya tinggal menyisakan delapan peserta saja.

"Dari sekian peserta tersisa hanya Yuyun satu-satunya pedangdut dari daerah yang mampu bertahan hingga babak itu. Walau sampai delapan besar namun Yuyun sangat bangga," ujarnya.

Kekalahan itu tak lantas membuat Yuyun Wida kecil hati ataupun kecewa. Justru kegagalan dalam ajang audisi pencarian bakat tersebut mengantarkan Yuyun Wida pada tangga kesuksesan yang lama telah diimpikannya.

Satu label ibukota yang banyak mengorbitkan pedangdut-pedangdut baru melirik Yuyun Wida. Tak tanggung-tanggung, ia langsung disodori untuk menandatangani kontrak dengan durasi tiga tahun kedepan untuk menggoyang panggung dangdut tanah air.

Tak sampai di situ saja, Yuyun Wida juga dipasangkan dengan pedangdut kondang Refty Ratu untuk berduet bersama Duo Amor. Hadirnya Yuyun Wida dalam Duo Amor langsung memeriahkan belantika dangdut dengan meluncurkan single berjudul 'Kau Salip Cintaku' pada Februri lalu.

"Sangat bersyukur bisa bergabung dalam Duo Amor ini. Sekarang sedang sibuk promo single perdana baik on air maupun off air di berbagai daerah," kata Yuyun Wida.

Pertengahan bulan Juni ini Duo Amor siap meluncurkan single kedua dari total empat title yang akan dirilis. Yuyun Wida menjanjikan Duo Amor akan lebih memiliki warna baru dengan kehadirannya dalam lirik-lirik lagu yang dibawakannya secara genit. (Van)