Hiburan Editor : Danar Widiyanto Kamis, 06 Juni 2019 / 19:30 WIB

Gagal Ginjal, Mantan Cover Boy 1992 Ini Tutup Usia

DUKA mendalam menyelimuti insan foto model di Semarang. Mantan Cover Boy Majalah Mode tahun 1992 asal Semarang, Hanung Tri Wahyu Adhi (43) pada Rabu (5/6/2019) pukul 14.55 WIB meninggal dunia di RSU Mr Wongsonegoro Kota Semarang karena sakit gagal ginjal dan hipertensi. 

Jenazah pria yang semasa mudanya dikenal ramah dan ganteng serta mengawali karier di Elmosta Model Agency ini dimakamkan di Pemakaman Umum Sasono Loyo Boyolali, tepat di samping makam almh ibundanya, Kamis (6/6/2019) berangkat dari rumah duka Perumahan Graha Tiara No 22 Bukit Kencana Jaya Semarang pukul 11.00 WIB.

Ivan Dwi Jatmiko (47) kakak sulung Hanung mengungkapkan kesedihan mendalam sepeninggalan adiknya. "Sebelumnya Hanung ingin bertemu saya saat dirawat di RS. Namun belum sempat bertemu dia sudah dipanggil Allah SWT. Padahal dia ingin sembuh dan sama-sama berobat bersama saya", kisah Ivan Dwi Jatmiko yang semasa kecilnya dikenal sebagai penyanyi cilik di era Julius Sitanggang.

Kakak beradik ini merasa memiliki penyakit yang serius sehingga keduanya tak mungkin lagi bisa bertemu karena kondisi kesehatan. Hanung beberapa waktu terakhir divonis mengalami kerusakan ginjal akibat komplikasi diabetes. Kondisi terakhir sebelum meninggal mengidap hipertensi sehingga membuatnya meninggal dunia. Sedangkan Ivan Dwi Jatmiko juga mengidap diabetes hingga fungsi beberapa organ penting dalam tubuhnya tidak normal. Terakhir ini mata Ivan juga tak bisa melihat karena kebutaan akibat diabetes.

"Saya tak bisa melihat jasad adik saya tercinta. Sebenarnya saya ingin sekali melihat dan memeluknya, tapi saya tak bisa melihat dan tubuh saya sangat lemah," ujar Ivan yang kini menetap di Kotagedhe Yogyakarta.

Hanung meninggalkan 4 orang anak, 2 diantaranya anak kandung dan 2 lainnya anak sambung dari istri kedua yang dinikahinya.

Karier Hanung diawali justru dari tari modern dari sebuah grup tari ternama di Semarang era 1990an, Elmosta pimpinan Odie Deniar (alm). Dari yang awalnya tari tersebut, para personilnya antara lain Hanung ikut pemilihan Cover Boy 1992 dan terpilih sebagai Finalis. Disusul tahun 1993 rekan satu kota dan satu grup di Elmosta, Oka Sugawa juga terpilih sebagai Finalis tahun 1993. Hanya saja, Oka Sugawa lebih bernasib mujur karena terjun ke dunia sinetron dan melejit lewat Sinetron Layar Kaca Lupus. (Cha)