Jateng Editor : Agus Sigit Kamis, 06 Juni 2019 / 12:05 WIB

59 Warga Binaan Rutan Purworejo Terima Remisi

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sebanyak 59 warga binaan Rutan Kelas II B Purworejo yang beragama Islam menerima remisi khusus Idul Fitri 1440 H, usai melaksanakan salat Id di lapangan rutan setempat, Rabu (5/6). Pengajuan remisi disetujui Kementerian Hukum dan HAM karena warga binaan dinilai memenuhi syarat peraturan perundangan.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan II B Purworejo Marjuki mengatakan, pemberian remisi merupakan amanah aturan. "Apabila telah menjalani masa hukuman lebih dari enam bulan dan berkelakuan baik, maka pemerintah akan memberi remisi," tuturnya kepada KRJOGJA.com.

Sebanyak 140 warga binaan terdiri 65 tahanan dan 75 narapidana menghuni rutan tersebut. Namun tidak seluruhnya diusulkan menerima remisi.

Hanya 59 orang yang diusulkan menerima remisi dan disetujui. Sebanyak 16 warga binaan tidak diusulkan remisi karena tidak memenuhi syarat, melanggar disiplin dan menerima pembebasan bersyarat.

Sementara itu, Kepala Rutan II B Purworejo Lukman Agung Widodo mengemukakan, adanya remisi harus menjadi penyemangat warga binaan untuk hidup lebih baik, terutama setelah selesai masa hukuman. Upaya mengubah hidup warga binaan, lanjutnya, menjadi tujuan utama rumah tahanan dan lembaga permasyarakatan.

Kementerian Hukum dan HAM akan melakukan revitalisasi permasyarakatan. "Tujuannya mencapai tujuan pidana, sehingga
penyelenggaraan permasyarakatan berhasil, yakni narapidana tidak mengulangi perbuatan mereka setelah bebas kelak," tandasnya.

Pihak Rutan Purworejo juga membuka kunjungan bebas bagi keluarga warga binaan yang akan merayakan Idul Fitri bersama.(Jas)