Wisata Editor : Tomi sudjatmiko Kamis, 06 Juni 2019 / 07:07 WIB

Soto Bathok Mbah Karto Lezatnya Nagih

SLEMAN, KRJOGJA.com -  Yogya memang gudangnya kuliner unik. Di Kota Gudeg ini banyak makanan dengan nama yang terkesan aneh, namun cita rasa disajikan dijamin tetap lezat. Para pemburu kuliner bakal diajak merasakan kenikmatan sajian yang sesunguhnya dan pasti bakal ketagihan.

Salah satunya yakni Soto Bathok Mbah Karto. Sesuai dengan namanya, menu andalan di warung ini yakni soto.

Kuliner berlokasi Dusun Sambisari Desa Purwomartani Kecamatan Kalasan Sleman ini menyajikan soto dengan cara unik, yakni menyuguhkannya dengan batok kelapa. Meskipun disajikan di dalam batok kelapa, tak perlu khawatir kurang karena makan satu porsi soto batok ini sudah bisa kenyang.

Dalam satu batok berisikan daging sapi, touge, seledri dan kuah bening yang telah dicampur dengan rempah. Kenikmatan jadi lebih lengkap dengan ditemani sate usus dan sate telur puyuh dan tempe goreng khas Soto Bathok Mbah Katro yang begitu lezat.

Warung ini sudah buka mulai pukul 06.00 pagi sampai pukul 16.00 sore. Soal harga, pengunjung tidak perlu merogoh kocek karena harga ditempat ini sangatlah murah.

Untuk satu porsi soto bathok hanya dibandrol Rp 5.000 untuk nasi yang dicampur, sedangkan Jika nasinya dipisah hanya dibandrol Rp 7.000 saja. Untuk sate usus dan sate telur puyuh hanya Rp 2.000 pertusuknya dan tempe goreng dihargai Rp 500 perbuah nya.

Bukan hanya harganya saja yang sangat murah dan rasa yang lezat, Soto Bathok Mbah Katro ini memiliki suasana yang berbeda bagi para pengujungnya. Terletak di dekat dari situs bersejarah Candi Sambisari, dengan konsep ini para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hijaunya padi.

 

Seperti dikatakan salah seorang pengunjung warung Soto Bathok Mbah Katro, Umi Ide (37). Menurutnya di tempat ini harganya cukup murah dan tempatnya lumayan asik.

"Harga di tempat ini cukup pas, suasana ditempat ini asik banget soalnya seperti dipedesaan banget dan juga dikelilingi sawah. Selain itu tempat ini cocok buat berkunjung bersama keluarga karena ada tempat permainannya juga, seperti ayunan,” terangnya. (*)