DIY Editor : Ivan Aditya Selasa, 04 Juni 2019 / 12:34 WIB

Kwarda DIY Terjunkan 3.500 Anggota

YOGYA, KRJOGJA.com - Sebanyak 3.500 personel Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) DIY diterjunkan pada kegiatan Karya Bakti Lebaran guna membantu kelancaran arus mudik maupun balik Lebaran 2019. Kegiatan ini merupakan wujud Pramuka Peduli yang hadir dan tersebar di 31 posko maupun 9 posko gabungan di DIY.

Sekretaris I Kwarda DIY Suryo Aji R Mantoro mengatakan, personel Pramuka Kwarda DIY yang diterjunkan dalam Bakti Karya Lebaran ini bertugas untuk membantu kelancaran masyarakat selama arus mudik maupun balik Lebaran 2019. Mereka akan bertugas untuk memberikan pertolongan pertama apabila terjadi kecelakaan ringan, memberikan informasi kepada masyarakat dan sebagainya di Posko Lebaran.

"Personel yang diterjunkan mempunyai peran masing-masing seperti Saka Bhayangkara untuk membantu kelancaran lalu lintas, Saka Bakti Husada yang siap memberikan pertolongan pertama dan Saka Pariwisata sebagai pemandu. Mereka sudah dibekali keahlian dan keterampilan di bidangnya masing-masing," ujar Suryo.

Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat, Kehumasan, Penanggulangan Bencana dan Lingkungan Hidup Kwarda DIY Krido Suprayitno menambahkan, setidaknya ada 25 personel yang diterjunkan di setiap posko tersebut yang akan bertugas dengan skema shift atau bergiliran berjaga serta dicover oleh asuransi. Karya Bakti Lebaran ini merupakan salah satu wujud anggota Pramuka yang ingin membantu pemudik agar selamat sampai tujuan.

"Kami minta semua personel bisa bertugas dengan optimal dan bisa menjaga kesehatan dengan sebaikbaiknya. Tetapi mereka tetap mendapat jaminan atau dicover asuransi mulai H-5 hingga H+6 Idul Fitri tahun ini," imbuhnya. (Ira)